kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.510.000   -4.000   -0,26%
  • USD/IDR 15.565   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.790   17,59   0,23%
  • KOMPAS100 1.207   -1,76   -0,15%
  • LQ45 956   -5,87   -0,61%
  • ISSI 236   0,98   0,42%
  • IDX30 493   -1,25   -0,25%
  • IDXHIDIV20 589   -3,62   -0,61%
  • IDX80 137   -0,25   -0,18%
  • IDXV30 143   0,56   0,39%
  • IDXQ30 163   -1,09   -0,67%

Debut Pahit Perdagangan Saham Hyundai di Bursa India


Selasa, 22 Oktober 2024 / 13:03 WIB
Debut Pahit Perdagangan Saham Hyundai di Bursa India
ILUSTRASI. Saham Hyundai Motor India mengalami debut yang lemah di bursa pada tanggal 22 Oktober. REUTERS/Carlos Barria/File Photo


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham Hyundai Motor India mengalami debut yang lemah di bursa pada tanggal 22 Oktober, setelah terdaftar dengan diskon sebesar 1,32 persen di harga Rs 1.934, dibandingkan dengan harga penawaran umum perdana (IPO) sebesar Rs 1.960 di NSE.

Mengutip news18.com, IPO ini menempatkan unit India dari Hyundai Motor Co. asal Korea Selatan dengan valuasi sekitar US$19 miliar. Dalam kesepakatan tersebut, perusahaan induk menjual 17,5 persen sahamnya di produsen mobil terbesar kedua di India.

Meskipun penawaran tersebut akhirnya oversubscribed lebih dari dua kali, proses pemesanan tidak secepat yang diharapkan. Permintaan yang kuat dari institusi terlihat pada hari terakhir penjualan, tetapi investor ritel hanya membeli sekitar setengah dari porsi yang telah disediakan untuk mereka dalam IPO.

Alasan Minat Ritel yang Rendah

Para analis mencatat bahwa kurangnya minat dari trader individu disebabkan oleh dua faktor utama: pertama, semua hasil IPO jatuh ke tangan perusahaan induk, dan kedua, permintaan yang melambat di industri otomotif India. Hal ini bertolak belakang dengan antusiasme yang terlihat pada beberapa IPO terbaru, terutama untuk masalah yang lebih kecil.

Baca Juga: Investor Ritel India Menyambut IPO Hyundai Motor dengan Skeptis!

Sebelum pencatatan, grey market premium atau premium pasar abu-abu (GMP) untuk IPO Hyundai menurun menjadi 2 persen, dengan saham sekarang diperdagangkan pada premium Rs 45-50 di atas harga penawaran Rs 1.960.

Ini mencerminkan penurunan dari lonjakan sebelumnya ke 5 persen, meskipun saham telah pulih dari penurunan -3 persen yang terjadi sehari sebelumnya, menunjukkan fluktuasi sentimen investor menjelang pencatatan pada 22 Oktober.

Saran untuk Investor

Shivani Nyati, Kepala Kekayaan di Swastika Investmart Ltd., mengatakan, “Saham Hyundai Motor India Limited terdaftar di Rs 1.934, yang menunjukkan kerugian 1,33 persen terhadap harga penawaran Rs 1.960, yang sebagian besar sesuai dengan harapan. IPO ini menyaksikan tingkat subsripsi moderat, dengan total tawaran sebesar 2,3 kali. Premium pasar abu-abu yang rendah (GMP) sebesar Rs 67 (3,42%) sebelum pencatatan sudah menunjukkan semangat terbatas untuk mendapatkan keuntungan dari pencatatan, dan valuasi perusahaan yang sepenuhnya harga berkontribusi pada debut yang redup. Meski pencatatan dengan diskon, fundamental kuat Hyundai Motor India sebagai produsen kendaraan penumpang terbesar kedua di India dan fokus strategis pada segmen SUV terus mendukung prospek pertumbuhan jangka panjangnya. Investor yang masuk dengan perspektif jangka panjang mungkin mempertimbangkan untuk mempertahankan saham tersebut, karena kinerja di masa depan kemungkinan akan didorong oleh posisi pasar yang kompetitif dan inovasi produk.”

Baca Juga: Pekan Depan, 20 Perusahaan di Asia Pasifik Siap IPO Nilainya Capai US$ 8,3 miliar

Rekomendasi dari Analis

Macquarie telah memulai cakupan terhadap Hyundai Motor dengan peringkat Outperform dan target harga Rs 2.235. Mereka melihat Hyundai sebagai pemain kuat dalam pertumbuhan kendaraan penumpang premium dan percaya bahwa sahamnya seharusnya diperdagangkan dengan kelipatan PE yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya.

Macquarie mencatat bahwa pangsa pasar Hyundai di segmen kunci telah stabil atau meningkat dari titik terendah baru-baru ini, berkat campuran produk yang menguntungkan dan posisi premium.

Ajay Bagga, seorang ahli pasar, mengamati bahwa segmen kendaraan penumpang sedang lesu, dan perusahaan otomotif India tidak diperdagangkan dengan diskon, dengan investor membayar premi yang tinggi secara keseluruhan.

Ia menyarankan bahwa ini bukan waktu terbaik untuk membeli. Mengenai IPO, Bagga lebih memilih pendekatan “tunggu dan lihat,” terutama mengingat keuntungan pencatatan yang terinflasi terlihat di segmen SME dan lainnya.

Nomura juga telah memulai cakupan terhadap Hyundai Motor dengan peringkat beli dan target harga Rs 2.472. Perusahaan ini memanfaatkan gaya dan teknologi, dan proses premiumisasi yang sedang berlangsung diperkirakan akan mendorong pertumbuhan berkualitas tinggi.

Baca Juga: BYD Pimpin Pasar Mobil Listrik Global, Gandakan Penjualan Dibandingkan Tesla

Dengan penetrasi saat ini sebesar 36 mobil per 1.000 orang, ada ruang pertumbuhan yang besar bagi industri otomotif India.

Prospek Jangka Panjang

Hyundai Motor India diperkirakan akan mengalami pertumbuhan jangka panjang yang sehat berkat gaya dan teknologi yang mereka tawarkan.

Ekspansi kapasitas yang direncanakan pada paruh kedua tahun ini dan peluncuran beberapa model baru (termasuk empat model EV) dalam 3-4 tahun ke depan adalah katalis kunci yang akan mendorong pertumbuhan mereka di masa mendatang.

Selanjutnya: Sambut Wamen KP Baru, Trenggono: Beliau Bukan Orang Baru

Menarik Dibaca: Inilah Lirik Lagu Diet Pepsi Addison Rae dan Terjemahannya, Lengkap!




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

[X]
×