kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.514.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.511   28,00   0,18%
  • IDX 7.760   25,02   0,32%
  • KOMPAS100 1.205   3,50   0,29%
  • LQ45 961   2,42   0,25%
  • ISSI 234   1,13   0,48%
  • IDX30 494   1,12   0,23%
  • IDXHIDIV20 593   1,74   0,29%
  • IDX80 137   0,38   0,27%
  • IDXV30 142   -0,50   -0,35%
  • IDXQ30 164   0,08   0,05%

Pekan Depan, 20 Perusahaan di Asia Pasifik Siap IPO Nilainya Capai US$ 8,3 miliar


Minggu, 20 Oktober 2024 / 16:08 WIB
Pekan Depan, 20 Perusahaan di Asia Pasifik Siap IPO Nilainya Capai US$ 8,3 miliar
ILUSTRASI. A pedestrian walks past a stock market display board showing the losses at Hang Seng Index results in Hong Kong. (Photo by Budrul Chukrut / SOPA Images)


Sumber: Bloomberg | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar saham Asia bersiap menghadapi pekan tersibuk pekan depan. Beberapa perusahaan besar akan melepas saham perdananya di bursa Hongkong, India dan Jepang

Sekitar 20 perusahaan dari Asia Pasifik akan mencatatkan saham minggu depan dalam transaksi yang dapat mengumpulkan dana hingga US$ 8,3 miliar, volume mingguan terbesar sejak April 2022, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Pasokan yang besar mencakup transaksi dari Tiongkok, India, dan Jepang, yang menggarisbawahi kebangkitan luas dalam penjualan saham di seluruh wilayah.

“Ada tingkat semangat yang kembali ke pasar Asia,” kata Matthew Emsley, mitra di Herbert Smith Freehills LLP di Hong Kong yang menangani IPO seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (20/10).

Perusahaan dan pemegang saham utama berupaya untuk menutup transaksi sebelum pemilihan umum 5 November di AS. Transaksi tersebut juga akan memberikan wawasan tentang permintaan investor dalam jangka panjang setelah bertahun-tahun melemah karena pasar yang lesu.

Baca Juga: Hyundai India IPO Senilai US$3,3 Miliar, Catatkan Rekor di Bursa Negeri Bollywood

Pembuat air minum dalam kemasan China Resources Beverage Holdings Co. dan perusahaan teknologi pengemudi otonom Horizon Robotics Inc. akan memulai debutnya di Hong Kong masing-masing pada hari Rabu dan Kamis, dengan total lebih dari US$ 1,3 miliar. Keberhasilan mereka dapat memicu kebangkitan penjualan saham Tiongkok yang lebih luas di Hong Kong, yang dulunya dikenal sebagai pasar IPO yang sibuk dan menguntungkan.

“Kita mungkin menyaksikan tahap awal pemulihan di pasar modal Hong Kong dan Tiongkok. Kami membutuhkan lebih banyak perusahaan besar dan berkualitas tinggi untuk melantai di bursa Hong Kong dan terus berkinerja baik untuk memastikan tren ini berkelanjutan,” kata Cathy Zhang, Kepala Pasar Modal Ekuitas Asia di Morgan Stanley.

China Resources Beverage, yang mengumpulkan sekitar US$ 649 juta, menutup buku pesanannya sehari lebih awal dari yang direncanakan setelah mendapatkan permintaan yang kuat. IPO Horizon Robotics hingga US$ 696 juta menarik minat Alibaba Group Holding Ltd. dan Baidu Inc. di antara investor utamanya, yang berkomitmen untuk memegang saham setidaknya selama enam bulan.

Kehati-hatian India

Pertaruhannya juga tinggi diperkirakan juga terjadi di India. Debut perdagangan pada hari Selasa untuk pencatatan Hyundai Motor India Ltd. senilai US$ 3,3 miliar, IPO terbesar yang pernah ada di negara itu. Kesepakatan itu kelebihan permintaan lebih dari dua kali pada hari terakhir penjualan tetapi kurang menarik minat dari investor yang lebih kecil.

“Seluruh sektor ini tidak terlihat sangat menjanjikan saat ini,” kata Keshav Gupta, seorang investor individu berusia 25 tahun yang tinggal di Calcutta.

Sebagian dari kekhawatiran tersebut berkaitan dengan industri otomotif India yang sedang menurun menyusul lonjakan permintaan selama pandemi Covid-19. Menurut data dari Federasi Asosiasi Dealer Mobil, penjualan kendaraan eceran di India turun lebih dari 9% pada bulan September dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, dan diler kendaraan penumpang menghadapi tingkat persediaan pada titik tertinggi sepanjang masa yaitu 80 hari hingga 85 hari.

Menurut data Bloomberg, dengan hasil penjualan Hyundai, IPO India akan mengumpulkan lebih dari US$12 miliar sepanjang tahun ini, melampaui volume selama dua tahun terakhir tetapi masih di bawah rekor US$ 17,8 miliar yang dikumpulkan pada tahun 2021.

Debut tertunda lainnya termasuk perusahaan pengiriman makanan Swiggy Ltd. dan divisi energi terbarukan dari produsen listrik milik negara NTPC Ltd.

Sementara di Jepang, pencatatan Tokyo Metro Co. senilai US$ 2,3 miliar dijadwalkan pada 23 Oktober. Kesepakatan itu, yang akan menjadi IPO terbesar negara itu sejak 2018. Apalagi aksi korporasi ini terjadi di tengah periode yang penuh gejolak bagi pasar Jepang. Yen terdepresiasi melewati 150 per dolar minggu lalu, dan penunjukan perdana menteri baru telah memicu spekulasi tentang kebijakan.

Perusahaan teknologi X-Ray Jepang Rigaku Holdings Corp. akan menutup minggu ini, setelah menutup kesepakatan sekitar US$ 750 juta. Saham perusahaan akan mulai diperdagangkan pada hari Jumat.

 

Selanjutnya: Pulang ke Solo, Ini Pesan dan Harapan Jokowi ke Presiden Prabowo

Menarik Dibaca: Alasan Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda, Cek di Sini




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

[X]
×