kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Salt targetkan valuasi capai US$2,7 miliar dalam flotasi pasar musim gugur


Kamis, 01 Juli 2021 / 09:53 WIB
Salt targetkan valuasi capai US$2,7 miliar dalam flotasi pasar musim gugur
ILUSTRASI. Bursa Prancis. REUTERS/Benoit Tessier


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - ZURICH. Salah satu Grup telekomunikasi asal Swiss, Salt sedang mempersiapkan flotasi pasar saham Zurich pada musim gugur. Nilai perusahaan dalam kesepakatan tersebut dikabarkan dapat mencapai sekitar 2,5 miliar franc Swiss atau setara US$ 2,7 miliar.

Mengutip Reuters, perusahaan diperkirakan akan menjual saham senilai 700 juta franc Swiss atau sekitar US$ 757 juta dengan sebagian besar saham baru dari peningkatan modal. Credit Suisse, Goldman Sachs, Morgan Stanley dan BNP Paribas akan mengorganisir flotasi tersebut.

Salt mengatakan, perusahaan dan pemiliknya sedang mempertimbangkan opsi pembiayaan, termasuk IPO. IPO sendiri dapat menilai Salt menjadi sekitar 2,5 miliar franc, termasuk utang.

Baca Juga: Hasil IPO di Kawasan Asia Mencapai Rekor

Tahun lalu, perusahaan membukukan pendapatan yang disesuaikan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi sebesar 421 juta franc atas pendapatan 1 miliar franc. Pada kuartal pertama, pendapatan inti mereka turun 3%, sementara penjualan naik 2,5%.

Sebagai infomasi, Salt dibeli oleh pengusaha asal Prancis Xavier Niel dari perusahaan pembelian Apax pada tahun 2014 seharga 2,8 miliar franc Swiss. 

Namun, pengusaha telekomunikasi tersebut telah memperoleh manfaat dari pembayaran dividen dan merampingkan bisnis melalui kesepakatan seperti penjualan menara telekomunikasi Salt ke Cellnex.

Sektor telekomunikasi Swiss telah berkonsolidasi dalam beberapa tahun terakhir dan pengambilalihan Sunrise Communications senilai 6,8 miliar franc Swiss oleh Liberty Global ditutup pada akhir 2020, mengurangi jumlah pemain besar menjadi 3 dari 4.

Awal tahun ini, Salt menjalin kemitraan serat optik dengan Swisscom, yang akan memungkinkan Salt menyediakan koneksi serat ke rumah ke 3 juta pelanggan pada tahun 2025.

Selanjutnya: Bursa Asia bergerak mixed, investor khawatirkan strain virus Covid-19 varian delta




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×