Sekjen PBB: Pertempuran Gaza sangat mengerikan

Senin, 17 Mei 2021 | 07:41 WIB Sumber: Arab News
Sekjen PBB: Pertempuran Gaza sangat mengerikan

ILUSTRASI. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Minggu (16/5/2021) bahwa pertempuran di Israel dan Gaza "sangat mengerikan".


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Minggu (16/5/2021) bahwa pertempuran di Israel dan Gaza "sangat mengerikan". Dia lantas menyerukan untuk segera diakhirinya pertempuran.

Melansir Arab News, saat membuka pertemuan publik pertama dewan yang beranggotakan 15 orang tentang konflik tersebut, Guterres mengatakan bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara aktif melibatkan semua pihak untuk menuju gencatan senjata dan meminta mereka agar mau mediasi.

Data yang dihimpun Arab News menunjukkan, korban tewas di Gaza melonjak menjadi 181 dalam semalam, termasuk 47 anak-anak, akibat serangan udara dan artileri Israel yang intensif sejak pertempuran meletus Senin lalu. 

Sepuluh orang telah tewas di Israel, termasuk dua anak, dalam ribuan serangan roket oleh Hamas dan kelompok militan lainnya.

Baca Juga: AS menyatakan siap membantu Palestina dan Israel jika gencatan senjata tercapai

"Setiap kali Israel mendengar seorang pemimpin asing berbicara tentang haknya untuk membela diri, semakin berani mereka untuk terus membunuh seluruh keluarga dalam tidur mereka," jelas Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Malki mengatakan kepada Dewan Keamanan seperti yang dikutip Arab News.

Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan mengatakan, tanggapan Israel atas serangan membabi buta oleh Hamas sangat mematuhi hukum internasional dan bahwa negara itu mengambil langkah-langkah yang tak tertandingi untuk mencegah korban sipil.

Baca Juga: Perang di Gaza, serangan udara Israel tewaskan 42 warga Palestina

“Israel menggunakan misilnya untuk melindungi anak-anaknya. Hamas menggunakan anak-anak untuk melindungi misilnya,” kata Erdan.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru