kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekolah bisnis Jack Ma menghapus kata universitas dari namanya


Senin, 17 Mei 2021 / 21:11 WIB
Sekolah bisnis Jack Ma menghapus kata universitas dari namanya
ILUSTRASI. Sekolah bisnis Jack Ma menghapus kata universitas dari namanya

Sumber: South China Morning Post | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Sekolah elit yang didirikan pendiri raksasa e-commerce China, Alibaba Group Holding, Jack Ma, diam-diam telah menghapus semua referensi online ke kata universitas. Penghapusan kata universitas ini sebagai pertanda bahwa sekolah itu akan mengadopsi level yang lebih rendah.

Akun resmi Weibo Universitas Hupan, yang menangguhkan penerimaan mahasiswa baru setelah Jack Ma bersitegang dengan otoritas China, berganti nama menjadi Pusat Penelitian Kewirausahaan Hupan. 

Melansir South China Morning Post, Senin (17/5), Situs resmi Hupan juga diperbaharui dengan nama baru. Sedangkan akun resminya di WeChat, platform media sosial yang dijalankan oleh Tencent Holdings, diubah dari Universitas Hupan menjadi Hupan pada hari Senin.

Sementara itu, video klip seorang pekerja yang tengah menghapus karakter Mandarin yang merujuk pada universitas di atas batu di kampus Hupan viral di media sosial China pada hari Senin. 

Baca Juga: Didenda pemerintah China, Alibaba Group rugi Rp 16,7 triliun pada kuartal I 2021

Hupan berarti di samping danau dalam bahasa China, mengacu pada lokasinya yang di dekat Danau Barat di Ibu Kota Provinsi Zhejiang, Hangzhou, tempat Alibaba bermarkas.

Universitas Hupan didirikan pada Januari 2015 sebagai lembaga bimbingan belajar pribadi bagi para pemimpin bisnis top China. Sembilan anggota pendirinya termasuk Chairman Lenovo, Liu Chuanzhi, Chairman Fuson Guo Guanchang dan Shi Yuzhu dari Giant Interactive.

Anggota dari akademisi termasuk Qian Yingyi, mantan dekan sekolah manajemen di Universitas Tsinghua dan Cai Hongbin, mantan dekan sekolah Guanghua di Universitas Peking. Ma, salah satu dari sembilan pendiri, menjabat sebagai presiden sekolah (school’s president).

Meskipun Hupan tidak pernah dilisensikan secara resmi sebagai sekolah oleh Kementerian Pendidikan China, pengaruh Ma dan rekan-rekannya menjadikannya magnet bagi calon pemimpin bisnis di negara tersebut. 

Baca Juga: Lakukan kunjungan langka ke markas Alibaba, Jack Ma kembali nongol di depan publik

Pada ulang tahun kelima sekolah pada Oktober 2020, Ma mengatakan telah menerima 11.788 lamaran selama lima tahun tetapi hanya menerima 254 orang - rasio itu yang membuat Universitas Hupan lebih sulit untuk dimasuki daripada sekolah bisnis di institusi elit Amerika seperti Harvard dan Stanford.




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×