Selandia Baru Siaga Terhadap Letusan Gunung Berapi Taupo

Selasa, 20 September 2022 | 15:03 WIB Sumber: Channelnewsasia.com
Selandia Baru Siaga Terhadap Letusan Gunung Berapi Taupo

ILUSTRASI. Selandia Baru Siaga Terhadap Letusan Gunung Berapi Taupo. Foto Dok Shutterstock

KONTAN.CO.ID - WELLINGTON. Ilmuwan Selandia Baru pada hari Selasa (20/9) meningkatkan tingkat siaga untuk gunung berapi di bawah danau terbesar di negara itu, yang menyebabkan letusan terbesar di bumi dalam 5.000 tahun terakhir. Gunung tersebut terakhir meletus sekitar 1.800 tahun yang lalu.

Dalam sebuah pernyataan, badan geologi GeoNet mengatakan telah mendeteksi hampir 700 gempa bumi kecil di bawah Danau Taupo, kaldera yang diciptakan oleh gunung berapi raksasa, dan telah meningkatkan tingkat siaga gunung berapi menjadi 1 dari 0.

Sistem peringatan gunung berapi didasarkan pada enam tingkat kerusuhan yang meningkat, tetapi Geonet mencatat bahwa letusan dapat terjadi pada tingkat mana pun, dan tingkat tersebut mungkin tidak bergerak secara berurutan karena aktivitas dapat berubah dengan cepat.

Baca Juga: Australia Tetapkan Hari Berkabung untuk Ratu Elizabeth II pada 22 September

Gunung berapi Taupo memuntahkan lebih dari 100 kilometer kubik material ke atmosfer ketika terakhir meletus sekitar 200 SM, menghancurkan sebagian besar wilayah Pulau Utara tengah Selandia Baru dalam periode sebelum tempat tinggal manusia. Geonet mengatakan letusan itu adalah yang terbesar di planet ini dalam 5.000 tahun terakhir.

GeoNet menambahkan, ini adalah pertama kalinya meningkatkan status waspada Gunung Api Taupo menjadi 1, tetapi ini bukan pertama kalinya terjadi dan mengatakan kemungkinan letusan masih sangat rendah.

Baca Juga: Bank Sentral Selandia Baru Kerek Suku Bunga Lagi, Isyaratkan Pengetatan Lebih Hawkish

"Gempa bumi dan deformasi dapat berlanjut selama beberapa minggu atau bulan mendatang," katanya.

Selandia Baru melintasi batas antara lempeng tektonik Pasifik dan Australia dan mengalami vulkanisme dan gempa bumi yang signifikan. Pada tahun 2019, White Island, yang dikenal sebagai Whakaari, tiba-tiba meletus, memuntahkan uap dan abu, menewaskan 22 orang dan melukai 25 orang, sebagian besar turis.

Editor: Handoyo .

Terbaru