kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,62   2,47   0.26%
  • EMAS969.000 -0,82%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Shanghai Capai Tonggak yang Telah Lama Ditunggu dalam Perang Melawan Wabah Covid-19


Selasa, 17 Mei 2022 / 12:55 WIB
Shanghai Capai Tonggak yang Telah Lama Ditunggu dalam Perang Melawan Wabah Covid-19
ILUSTRASI. Warga berbaris untuk tes Covid-19 di sebuah area pemukiman, saat tahap kedua penguncian dua tahap untuk membatasi penyebaran virus corona di Shanghai, China, Senin (4/4/2022). REUTERS/Aly Song.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Shanghai pada Selasa (17/5) mencapai tonggak yang telah lama ditunggu-tunggu, selama tiga hari berturut-turut tanpa ada kasus baru Covid-19 di luar zona karantina.

Tapi, mengutip Reuters, sebagian besar penduduk masih harus menjalani penguncian lebih lama, sebelum kembali ke kehidupan yang lebih normal.

Untuk kota-kota lain di China yang telah menerapkan lockdown, hari ketiga tanpa kasus baru di masyarakat biasanya berarti status "nol Covid" dan awal dari pencabutan pembatasan.

Shanghai, pusat komersial di China berpenduduk 25 juta, pada Senin (16/5) menetapkan jadwal paling jelas untuk keluar dari penguncian yang memasuki minggu ketujuh.

Baca Juga: Covid-19 Terkendali, Shanghai Akan Kembali ke Aktivitas Normal Mulai 1 Juni

Tetapi, rencana itu mendapat sambutan skeptis dari banyak penduduk Shanghai yang telah melihat perpanjangan masa isolasi berkali-kali.

Shanghai berencana untuk melanjutkan kegiatan di luar ruangan secara bertahap, dengan beberapa toko serbaada dan apotek buka kembali minggu ini. Setelah itu, pengoperasian transportasi umum dan layanan lainnya secara bertahap.

Hanya, dengan sebagian besar pembatasan pergerakan tetap berlaku hingga 21 Mei,

Pada 1 Juni, Shanghai berencana mencabut penguncian, namun penduduk masih tetap harus sering menjalani tes Covid-19.

Baca Juga: Ekonomi China Terpukul Akibat Kebijakan Zero Covid-19

Reuters melaporkan, lebih banyak orang boleh keluar dari rumah mereka pekan ini, dengan beberapa pelari dan pejalan kaki yang membawa anjing terlihat. Bahkan. seorang pria terlihat sedang memancing di sungai Shanghai.

Meski begitu, pagar tinggi tetap mengelilingi banyak kompleks perumahan dan hampir tidak ada mobil pribadi di jalan-jalan dengan kebanyakan orang masih terkurung di rumah mereka.

Tidak jelas, berapa banyak toko yang buka kembali minggu ini. Tapi, aplikasi pengiriman barang menunjukkan permintaan yang sedikit lebih rendah untuk layanan mereka pada Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×