kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Shanghai Stock Exchange: Kapitalisasi pasar papan pencatatan star market melesat


Selasa, 23 Juli 2019 / 12:10 WIB

Shanghai Stock Exchange: Kapitalisasi pasar papan pencatatan star market melesat

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Shanghai Stock Exchange resmi membuka perdagangan pertama di papan pencatatan baru untuk perusahaan China mirip Nasdaq khusus atau perusahaan inovasi sains dan teknologi yang diberi nama Star Market pada Senin (22/7).

Dalam perdagangan perdana Star Market, saham-saham yang terdaftar di dalamnya melesat hingga 520%. Ada 25 perusahaan yang terdaftar di papan anyar itu. Kenaikan tajam itu membuat nilai pasar gabungan mencapai US$ 44 miliar, jauh melampaui harapan para investor lama.


Saham 16 dari 25 perusahaan, mulai dari produsen chip hingga perusahaan perawatan kesehatan, melesat dua kali lipat dari harga penawaran umum perdana mereka di Star Market.

Perusahaan-perusahaan tersebut mencatat kenaikan rata-rata 140% di hari pertama perdagangan yang cukup sulit karena terkendala pemutusan sirkuit oleh bursa setempat, yang dirancang untuk menjaga aktivitas tetap dalam batas yang wajar. Performa perusahaan terlemah berkisar 84,22%.

Bedasarkan hitungan Reuters, kapitalisasi pasar baru yang tercipta pada perdagangan perdana itu mencapai US$ 44,3 miliar. "Kenaikan ini lebih gila dari yang kami harapkan.

Perusahaan-perusahaan ini berprospek baik, tetapi valuasinya terlalu tinggi. Membeli sahamnya sekarang tidak masuk akal." kata Stephen Huang, wakil presiden Shanghai See Truth Investment Management dikutip Reuters, Senin (22/7).

Mengikuti model Nasdaq dan dilengkapi dengan sistem gaya Amerika Serikat (AS), Star Market merupakan upaya paling berani di Cina untuk melakukan reformasi pasar modal.

Hal ini juga terlihat didorong oleh ambisi pemerintah China untuk mandiri secara teknologis di tengah perang dagang yang berkepanjangan dengan AS yang berimbas pada perusahaan-perusahaan teknologi China.

Fluktuasi liar saham tersebut terjadi diantaranya akibat aturan perdagangan yang longgar. IPO telah kelebihan permintaan dengan rata-rata sekitar 1.700 kali di kalangan investor ritel. Star Market tidak menetapkan batasan harga saham selama lima hari pertama perdagangan.

Dalam sesi perdagangan berikutnya, saham pada papan teknologi baru akan diizinkan naik atau turun maksimum 20% dalam sehari, dua kali lipat batas harian pada papan lainnya yang hanya maksimum 10%.

Shanghai Stock Exchange dalam pernyataan resminya akhir pekan lalu mengatakan, aturan perdagangan yang lebih longgar ditujukan untuk memberikan para pemain pasar kebebasan yang memadai dalam permainan, mempercepat pembentukan harga keseimbangan, dan meningkatkan efisiensi penetapan harga.


Sumber : Reuters
Editor: Yoyok
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.9749 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 1.0940

Close [X]
×