kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,86   -7,49   -0.80%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Hanya The Fed, Bank Sentral Global Serentak Kerek Bunga Lagi


Minggu, 18 September 2022 / 13:48 WIB
 Tak Hanya The Fed, Bank Sentral Global Serentak Kerek Bunga Lagi
ILUSTRASI. Guna menekan inflasi, bank sentral global serentak bakal mengerek suku bunga acuan lagi di bulan ini. REUTERS/Brendan McDermid


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Guna menekan inflasi, bank sentral global serentak bakal mengerek suku bunga acuan lagi di bulan ini. Amerika Serikat (AS) akan memimpin menaikkan bunga hingga lebih dari 500 basis poin (bps) sejak awal tahun, mengutip Bloomberg pada Minggu (18/9).

Ada juga Swedia, lalu Bank sentral di Filipina, Indonesia dan Taiwan semuanya diperkirakan akan menaikkan suku bunga bulan ini. Lalu di Eropa, Swiss National Bank, Norges Bank dan Bank of England diprediksi akan menaikkan setengah poin persentase atau lebih. Afrika Selatan akan melanjutkan upaya dengan perkiraan pergerakan 75 basis poin, dan Mesir mungkin akan bertindak juga.

Cuma Brasil dan Jepang yang kemungkinan mempertahankan suku bunga. Begitupun dengan Turki yang mungkin akan melanjutkan pendekatan mereka yang tidak ortodoks untuk mempertahankan suku bunga rendah, meskipun inflasi di atas 80%..

Baca Juga: Saat Pasar IPO AS Melemah, Pusat Aktivitas IPO Dunia Bergeser ke Asia Tahun Ini

“Dalam minggu yang sibuk untuk kebijakan moneter, kami memperkirakan The Fed akan menaikkan 75 bps dan Bank of England sebesar 50 bps. Juga pada kalender minggu depan adalah keputusan dari bank sentral Jepang, Swedia, Turki, Brasil, Indonesia, dan Filipina, dan pembaruan suku bunga pinjaman dari PBOC,” ujar Tom Orlik, Kepala Ekonom Bloomberg.

Berbagai data yang menggambarkan perekonomian AS juga akan dirilis pada minggu depan, mulai dari data penjualan perumahan, pengangguran, hingga survei manufaktur dan jasa S&P Global akan memberikan gambaran dampak kenaikan Bunga The Fed selama ini. Kendati demikian, indeks harga konsumen lainnya melampaui perkiraan, sehingga para investor memperkirakan bunga acuan AS akan naik 100 bps. 

Sedangkan bank Sentral Jepang akan membuat keputusan kebijakan Kamis di tengah spekulasi bahwa Jepang hampir melakukan intervensi di pasar mata uang karena yen menguji 145 terhadap dolar.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda diperkirakan akan berdiri teguh untuk menjaga kebijakan tidak berubah. Meskipun ia kemungkinan akan mengakhiri program pinjaman dukungan Covid-nya, yang dapat membuka jalan menuju penyesuaian bunga acuan ke depan.

Kendati demikian, data inflasi nasional Jepang yang dirilis Selasa mendatang diperkirakan akan terus merangkak naik. Data awal perdagangan Korea Selatan pada hari Rabu akan terus memberikan wawasan tentang laju perlambatan ekonomi global. Dan Singapura merilis data inflasi pada hari Jumat.

Adapun, Inggris akan menetapkan libur Senin sebagai hari libur nasional untuk pemakaman Ratu Elizabeth II. Ini berdampak pada bisnis kebijakan moneter seperti biasa akan dilanjutkan pada hari Kamis dalam keputusan yang ditunda seminggu untuk momentum berkabung.

Pertemuan BOE akan menjadi kesempatan pertama bagi para pejabat untuk menanggapi perubahan pandangan yang diciptakan oleh upaya Perdana Menteri baru Liz Truss untuk menahan krisis inflasi, Juga penurunan pound ke level terendah sejak 1985. 

Baca Juga: Ekonomi Dunia Resesi, Indonesia Melambat

Para ekonom memperkirakan setidaknya akan ada kenaikan suku bunga karena pejabat menghadapi inflasi yang tetap tinggi dengan tidak nyaman. Hari berikutnya, Menteri Keuangan baru Kwasi Kwarteng akan menyampaikan rencana untuk membalikkan kenaikan tarif asuransi nasional, pajak  penghasilan dan menetapkan lebih detail tentang paket dukungan Truss.

Swiss National Bank mungkin menaikkan suku bunga sebesar 0,75 poin. Ini akan menjadi langkah agresif untuk menyamai kenaikan zona euro, bahkan ketika inflasi di Swiss jauh lebih rendah daripada di seluruh Eropa.

Bank sentral Norwegia kemungkinan akan menaikkan setengah jam kemudian juga, menjaga kecepatan yang dipercepat setelah harga konsumen inti jelas melebihi perkiraannya. Awal pekan ini, di samping kenaikan suku bunga yang diharapkan oleh Riksbank Swedia, investor akan fokus pada seberapa banyak pembuat kebijakan berencana untuk mempercepat rencana pengetatan di masa depan di tengah semakin banyak bukti bahwa ekonomi Nordik terbesar menuju resesi pada 2023.

Di kawasan euro, pidato Wakil Presiden Bank Sentral Eropa Luis de Guindos dan kepala Bundesbank Joachim Nagel dapat memfokuskan investor, bersama dengan putaran pertama survei manajer pembelian untuk bulan September, yang dijadwalkan pada hari Jumat.

Melihat ke selatan, data di Ghana pada hari Selasa kemungkinan akan menunjukkan pertumbuhan ekonomi melambat menjadi 3% pada kuartal kedua karena kenaikan suku bunga dan penurunan cedi yang menyebabkan harga yang sudah melonjak melonjak lebih jauh.

Sementara itu, pada hari Rabu, sebuah laporan di Afrika Selatan akan mengungkapkan bahwa inflasi mereda pada bulan Agustus setelah biaya BBM turun. Meskipun tingkatnya masih diperkirakan akan tetap di atas batas 6% bank sentral.

Kekhawatiran tentang pelemahan rand lebih lanjut dan penurunan ekspektasi harga akan menjadi fokus Komite Kebijakan Moneter SARB pada hari Kamis. Perjanjian forward-rate yang dimulai dalam satu bulan digunakan untuk berspekulasi tentang biaya pinjaman. 

Turki pada hari Kamis kemungkinan akan mempertahankan suku bunga setelah pemotongan mengejutkan pada bulan Agustus, meskipun ekonomi yang melambat dan pendekatan pemilihan tahun depan berarti lebih banyak stimulus tetap dalam agenda.

Mesir kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada hari yang sama ketika tekanan inflasi meningkat dan pound terus menurun secara bertahap.

Baca Juga: Wall Street Mencatat Penurunan Mingguan Terburuk Sejak Juni

Dari kawasan Amerika Latin, Survei ekonom bank sentral Brasil memimpin minggu ini, dengan pandangan tegas pada 2023 dan seterusnya. Kemudian pada hari Senin, Kolombia melaporkan kegiatan ekonomi Juli, kemungkinan menunjukkan beberapa pendinginan dari Mei dan Juni.

Selanjutnya, angka output kuartal kedua di Argentina mungkin menunjukkan kekuatan yang mengejutkan mengingat gejolak politik dan pasar yang melanda ekonomi terbesar kedua di Amerika Selatan itu.

Sorotan di Chili akan menjadi risalah pertemuan bank sentral 6 September, di mana pembuat kebijakan mempercepat pengetatan dengan kenaikan 100 basis poin yang lebih besar dari perkiraan untuk mendorong suku bunga ke rekor 10,75%.

Perhatikan pembacaan harga konsumen pertengahan bulan Meksiko untuk naik sedikit dari 8,77%, menunjukkan bahwa perkiraan inflasi puncak Banxico untuk kuartal ketiga mungkin telah tiba.

Bank sentral Brasil secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah pada 13,75% setelah rekor 12 kenaikan berturut-turut dari 2% pada Maret 2021. Pedagang melihat peluang kurang dari 50% untuk kenaikan lain di bulan-bulan mendatang, dan mungkin saja Brasil, juga menjadi salah satu yang pertama selesai.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×