Toyota akan Menjual Sedan Listrik Kecil di China pada Akhir Tahun Ini

Rabu, 28 September 2022 | 13:57 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Toyota akan Menjual Sedan Listrik Kecil di China pada Akhir Tahun Ini

ILUSTRASI. Toyota Motor Corp berencana memulai produksi dan penjualan sedan listrik kecil yang ditenagai oleh baterai BYD Co Ltd pada akhir tahun. ;Sumber foto : toyota-ep.co.jp


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Toyota Motor Corp berencana memulai produksi dan penjualan sedan listrik kecil yang ditenagai oleh baterai BYD Co Ltd pada akhir tahun sebagai bagian dari kolaborasi berkelanjutan dengan perusahaan China itu.

Produk tersebut ialah sedan bZ3 khusus China yang dikembangkan bersama dengan BYD dan akan menjadi model kedua dalam seri kendaraan listrik baterai (BEV) "Beyond Zero" (bZ) baru dari Toyota.

Mobil bZ pertama sejatinya akan memasuki pasar di China awal tahun ini, tetapi penarikan mobil secara global memaksa Toyota untuk menangguhkan produksi model tersebut secara global.

Baca Juga: Toyota Astra Motor (TAM) Hadirkan Berbagai Dukungan dalam Ajang KTT G20

Toyota telah merencanakan untuk mengungkap bZ3, yang menggunakan baterai Blade BYD yang tidak terlalu besar, di pameran mobil Beijing pada bulan April, tetapi acara tersebut dibatalkan karena pandemi Covid-19.

“Mobil itu kira-kira berukuran sama dengan model Corolla Toyota tetapi dengan bagian kursi belakang yang lebih besar, “kata sumber Reuters yang dikutip Rabu (28/9). 

Harga bZ3 belum dapat ditentukan, tetapi salah satu sumber mengatakan kemungkinan akan dijual sekitar 200.000 yuan atau setara US$ 28.000, hampir 30% di bawah Tesla Inc Model 3 entry-level.

bZ3 akan diproduksi di Tianjin dengan kapasitas 30.000 kendaraan per tahun pada perakitan yang sama dengan bZ4X, Pabrik tersebut dioperasikan bersama oleh Toyota dan salah satu dari dua mitranya di China, FAW Group.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru