kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.481.000   3.000   0,20%
  • USD/IDR 15.685   38,00   0,24%
  • IDX 7.544   40,31   0,54%
  • KOMPAS100 1.173   6,98   0,60%
  • LQ45 937   9,69   1,04%
  • ISSI 226   -0,70   -0,31%
  • IDX30 483   5,14   1,08%
  • IDXHIDIV20 582   7,51   1,31%
  • IDX80 133   0,71   0,54%
  • IDXV30 141   -1,02   -0,72%
  • IDXQ30 162   1,41   0,88%

Trump Kritik Kamala Harris dan Joe Biden dalam Peringatan Serangan Hamas ke Israel


Selasa, 08 Oktober 2024 / 10:43 WIB
Trump Kritik Kamala Harris dan Joe Biden dalam Peringatan Serangan Hamas ke Israel
ILUSTRASI. Donald Trump memperingati peringatan setahun serangan Hamas pada 7 Oktober sebagai salah satu hari tergelap dalam sejarah.. REUTERS/Joshua Roberts


Sumber: The Guardian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Donald Trump memperingati peringatan setahun serangan Hamas pada 7 Oktober dengan menyebut hari tersebut sebagai "salah satu hari tergelap dalam sejarah."

Acara commemoration ini diadakan di resor golfnya di Miami, di mana ia memperingati para korban dan sandera, namun dengan cepat mengalihkan fokus acara menjadi serangan terhadap Kamala Harris.

Trump juga mengulangi klaim sebelumnya bahwa serangan terhadap Israel tidak akan terjadi jika ia masih menjadi presiden. Ia menyalahkan Harris dan Joe Biden atas "kebijakan lemah" yang, menurutnya, memberikan kepercayaan kepada Hamas untuk melancarkan serangan.

Di hadapan sekitar 300 pendukung, sebagian besar dari komunitas Yahudi, Trump menyatakan bahwa gelombang sentimen anti-Israel yang terjadi di AS dan dunia dapat dikaitkan dengan pemerintahan mereka.

Baca Juga: Trump Bakal Kenakan Tarif 200% untuk Kendaran yang Diimpor dari Meksiko

"Yang hampir sama mengejutkannya dengan 7 Oktober itu sendiri adalah munculnya antisemitisme yang telah kita lihat," katanya. "Kebencian anti-Yahudi telah kembali … dan khususnya di dalam jajaran Partai Demokrat. Partai Republik tidak terinfeksi oleh penyakit mengerikan ini, dan tidak akan terinfeksi selama saya memimpin."

Serangan tersebut mengakibatkan 1.200 orang tewas dan tambahan 250 diambil sandera oleh Hamas. Trump menggambarkan serangan itu sebagai "momen dalam sejarah yang mengerikan," menekankan bahwa itu menunjukkan kebangkitan kekerasan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Selama pidatonya, Trump berjanji untuk mengembalikan kedekatan dengan Israel dan mengkritik Biden dan Harris meskipun mereka telah menyatakan dukungan untuk hak Israel membela diri. Ia menekankan perlunya kepemimpinan Amerika yang tegas dan mengklaim bahwa saat ia terpilih kembali, AS akan lebih kuat dan lebih dekat dengan Israel daripada sebelumnya.

Acara tersebut dimulai lebih dari dua jam terlambat, dan Trump memulai dengan candaan tentang penerbangannya dari New York. Pendukungnya, beberapa di antaranya mengenakan yarmulkes dengan namanya, bersorak saat ia naik ke panggung. Pidatonya berlangsung di depan enam bendera Amerika dan Israel, serta gambar hampir 1.200 korban serangan Hamas.

Baca Juga: Kamala Harris Temui Pemimpin Arab-Amerika yang Marah atas Dukungan AS terhadap Israel

Sementara itu, Kamala Harris memberikan penghormatan kepada para korban tetapi juga berbicara tentang pentingnya memastikan Israel memiliki apa yang diperlukan untuk mempertahankan diri.

Biden menyatakan keprihatinan atas penderitaan di semua sisi konflik di Timur Tengah dan mengecam lonjakan antisemitisme yang "vicious" di Amerika setelah serangan.

Trump, yang sering mengklaim dirinya sebagai pembela terkuat Israel, menarik perhatian karena komentarnya yang kontroversial sebelumnya. Bulan lalu, ia mengklaim dirinya sebagai "orang yang paling populer di Israel" dan mengeluhkan kurangnya dukungan dari pemilih Yahudi setelah survei menunjukkan dukungannya di bawah 40%.

Beberapa pendukung di Miami menyatakan kepuasan mereka mendengar Trump berbicara tegas dalam membela Israel, sementara Harris memilih untuk tidak membuat pernyataan politik, fokus pada mengenang korban.

Selanjutnya: Prabowo Siap Realisasikan Program Makan Bergizi Gratis dengan Anggaran Rp 450 Triliun

Menarik Dibaca: Promo Marugame Udon 7-27 Oktober 2024, Paket Bestie 2 Porsi Udon Rp 99.000




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×