Unilever akan investasikan € 1 miliar dalam dana perubahan iklim selama 10 tahun

Senin, 15 Juni 2020 | 12:23 WIB Sumber: Reuters
Unilever akan investasikan € 1 miliar dalam dana perubahan iklim selama 10 tahun

ILUSTRASI. FILE PHOTO: The logo of Unilever is seen at the headquarters in Rotterdam, Netherlands August 21, 2018. REUTERS/Piroschka van de Wouw/File Photo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Multinasional Unilever Plc akan menginvestasikan dana sebesar € 1 miliar untuk mencegah perubahan iklim dan mereduksi gas rumah kaca hingga nol emisi terhadap semua produknya pada 2039 atau lebih cepat 11 tahun dari target Perjanjian Paris.

Unilever merupakan perusahaan konsumer global yang terkenal dengan produk sabun Dove dan sup Knorr mengatakan, keputusan itu merupakan respons perusahaan terhadap perubahan iklim yang semakin cepat dan butuh respons yang mendesak.

Baca Juga: Bisnis Unilever Indonesia (UNVR) tak kena dampak Covid-19

Dana sebesar itu nantinya akan digunakan untuk proyek-proyek seperti reboisasi, pelestarian air dan penyerapan karbon selama sepuluh tahun ke depan.

Target zero emisi ini merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya yakni pengurangan emisi di dalam perusahaan pada 2030, seperti mengurangi konsumsi listrik di kantor Unilever.

Menurut situ webnya, total jejak gas rumah kaca Unilever sekitar 60 juta ton setara karbon dioksida pada 2019.

“Kami sekarang akan jauh lebih luas dalam komitmen kami, kami menyebutnya sebagai cradle to shelf ... di seluruh rantai nilai,” kata Chief Chain Officer Officer Unilever, Marc Engel seperti dilansir Reuters, Senin (15/6).

Baca Juga: Ini 10 saham terbesar yang dilego asing pada perdagangan Kamis (11/6)

Unilever, yang mengantongi omzet sebesar  52 miliar euro (US$ 58,5 miliar) per tahun, mengatakan, akan memprioritaskan kemitraan dengan pemasok yang telah menetapkan target pengurangan emisi dan telah menetapkan sistem di mana pemasok harus menyatakan jejak karbon barang dan jasa yang disediakan.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru