kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Varian delta kian mengkhawatirkan, WHO minta semua orang terus memakai masker


Senin, 28 Juni 2021 / 14:45 WIB
Varian delta kian mengkhawatirkan, WHO minta semua orang terus memakai masker
ILUSTRASI. Varian delta kian mengkhawatirkan, WHO minta semua orang terus memakai masker


Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Jumat mendesak setiap orang yang divaksinasi penuh untuk terus memakai masker, menjaga jarak dan mempraktikkan langkah-langkah keamanan pandemi Covid-19 lainnya karena varian delta yang sangat menular menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

“Orang tidak bisa merasa aman hanya karena mereka memiliki dua dosis. Mereka masih perlu melindungi diri mereka sendiri,” ujar Dr. Mariangela Simao, asisten direktur jenderal WHO untuk akses ke obat-obatan dan produk kesehatan, mengatakan dalam jumpa pers dari markas besar badan tersebut di Jenewa seperti dilansir CNBC.

“Vaksin saja tidak akan menghentikan penularan komunitas,” tambah Simao. 

“Masyarakat harus terus menggunakan masker secara konsisten, berada di ruang yang berventilasi, kebersihan tangan, jaga jarak fisik, hindari keramaian. Ini masih menjadi sangat penting, bahkan jika Anda divaksinasi ketika Anda memiliki transmisi komunitas yang sedang berlangsung,” tuturnya.

Baca Juga: WHO: Varian Delta adalah varian Covid tercepat dan terkuat!

Komentar organisasi kesehatan itu muncul ketika beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, sebagian besar telah menghapus masker dan pembatasan terkait pandemi karena vaksin Covid telah membantu menurunkan jumlah infeksi dan kematian baru.

Jumlah infeksi baru di AS tetap stabil selama seminggu terakhir dengan rata-rata 11.659 kasus baru per hari, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins. Namun, infeksi baru telah menurun selama beberapa bulan terakhir.

Pejabat WHO mengatakan mereka meminta orang yang divaksinasi penuh untuk terus "bermain aman" karena sebagian besar dunia tetap tidak divaksinasi dan varian yang sangat menular, seperti delta, menyebar di banyak negara, memicu wabah.

The Wall Street Journal melaporkan pada hari Jumat bahwa sekitar setengah dari orang dewasa yang terinfeksi dalam wabah varian delta di Israel telah divaksinasi sepenuhnya dengan vaksin Pfizer-BioNTech, mendorong pemerintah di sana untuk menerapkan kembali persyaratan masker dalam ruangan dan tindakan lainnya.

“Ya, Anda dapat mengurangi beberapa tindakan dan negara yang berbeda memiliki rekomendasi yang berbeda dalam hal itu. Tetapi masih ada kebutuhan untuk kehati-hatian,” kata Dr. Bruce Aylward, penasihat senior direktur jenderal WHO, pada briefing tersebut. “Seperti yang kita lihat, ada varian baru yang muncul.”

Baca Juga: WHO: Varian Delta Paling Menakutkan

WHO mengatakan pekan lalu bahwa delta menjadi varian dominan penyakit di seluruh dunia.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×