kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS957.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Wabah norovirus terus serang China, kali ini landa sebuah TK di Zigong


Kamis, 26 November 2020 / 23:55 WIB
Wabah norovirus terus serang China, kali ini landa sebuah TK di Zigong


Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - ZIGONG. Wabah norovirus melanda sebuah taman kanak-kanak di Kota Zigong, Provinsi Sichuan, menginfeksi lebih dari 50 anak. Ini menambah serangkaian wabah norovirus di China dalam beberapa bulan terakhir.

Dinas Kesehatan Distrik Yantan Kota Zigong menerima laporan tentang murid taman kanak-kanak yang muntah-muntah pada Rabu (25/11), dan memastikan itu sebagai noravirus keesokan harinya, Kamis (26/11).

"Setelah penyelidikan epidemiologi dan tes asam nukleat, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) memastikan bahwa muntah itu disebabkan oleh infeksi norovirus," kata Dinas Kesehatan Yantan seperti dikutip Global Times.

"Semua anak dalam kondisi stabil dan menjalani perawatan di rumahsakit dengan gejala ringan," ujar Dinas Kesehatan Yantan. 

Baca Juga: Ada virus corona dan norovirus, ini beda infeksi akibat virus dengan bakteri

Penyebab nomor satu dari gastroenteritis akut

Kasus muntah paling awal dilaporkan pada Rabu pagi, diikuti oleh murid lainnya di sore hari. Sepulang sekolah, para orangtua murid terus melaporkan kasus muntah dan diare kepada guru taman kanak-kanak.

Kamis pagi, sebagian besar anak yang terinfeksi norovirus dikirim ke rumahsakit. "Penelusuran penyebab akan dirilis setelah penyelidikan medis," kata juru bicara CDC Zigong kepada Global Times, Kamis (26/11).

Sebagai penyebab nomor satu dari gastroenteritis atawa muntah dan diare akut, norovirus menginfeksi 685 juta orang di seluruh dunia setiap tahun. Dan belakangan, terus muncul sebagai masalah kesehatan masyarakat di China di tengah pandemi virus corona baru.

Pada 13 November, sebuah sekolah menengah di Provinsi Fujian, China Timur juga dilanda wabah norovirus, yang menyebabkan penghentian sementara kegiatan belajar mengajar, dengan lebih dari 30 siswa terinfeksi. 

Baca Juga: 4 Fakta norovirus, virus mematikan yang menyerang lambung




TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×