CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Warren Buffett: Dengan skill ini penghasilan akan membesar di masa datang


Selasa, 03 September 2019 / 08:00 WIB

Warren Buffett: Dengan skill ini penghasilan akan membesar di masa datang


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  “Jika ingin maju, fokuslah pada keterampilan komunikasi Anda,” saran investor miliarder Warren Buffett.

"Peningkatan yang relatif sederhana bisa membuat perbedaan besar dalam  penghasilan Anda di masa depan, serta dalam banyak aspek lain dari kehidupan Anda," kata Warren Buffett kepada Gillian Zoe Segal dalam sebuah wawancara untuk bukunya pada 2015,Getting There: A Book of Mentors

“Mengasah keterampilan ini bahkan dapat meningkatkan nilai Anda hingga 50%,” kata Buffett dalam sebuah video yang di-posting di LinkedIn tahun lalu.

“Itu karena, apa yang benar-benar penting adalah mampu membuat orang lain mengikuti ide Anda," kata ketua dan CEO Berkshire Hathaway kepada Segal. "Jika Anda seorang tenaga penjualan, Anda ingin orang-orang mengikuti saran Anda. Jika Anda seorang pemimpin manajemen, Anda ingin mereka mengikuti Anda dalam bisnis. "

Komunikasi bukanlah sesuatu yang datang secara alami. "Sampai usia 20 tahun, saya benar-benar tidak dapat berbicara di depan umum," katanya kepada Segal. "Hanya memikirkan hal itu membuatku sakit secara fisik." 

Baca Juga: Happy birthday Warren Buffett! Inilah faktor yang membuatnya sukses seumur hidup

Ketika berada di Columbia Business School, menurut CNBC, dia memutuskan untuk memperbaiki itu dan membayar US$ 100 untuk mengambil kursus berbicara di depan umum Dale Carnegie. Kelas bertemu sekali seminggu selama beberapa bulan, tetapi Buffett terus berlatih berbicara di depan umum bahkan setelah itu berakhir. 

"Segera setelah kursus berakhir, saya pergi ke Universitas Omaha dan berkata, 'Saya ingin mulai mengajar'," kenangnya. "Saya tahu bahwa jika saya tidak berbicara di depan orang dengan cepat, saya akan kembali ke tempat saya semula. Saya terus melakukannya, dan sekarang Anda tidak bisa menghentikan saya untuk berbicara!"

Hingga hari ini, pria yang genap  berusia 89 tahun pada Jumat (30/8) lalu,  menganggap bahwa US$ 100 adalah salah satu investasi terbaik yang pernah dibuatnya.

“Dampak yang dimiliki kelas (public speaking)  terhadap kehidupan saya sangat besar,” kata Buffett.

Yang dipajang di kantornya, bukanlah  diploma dari University of Nebraska atau Columbia, melainkan  sertifikat kelulusan Dale Carnegie. “Itu memberi saya tingkat paling penting yang saya miliki," katanya, "Ini tentu memiliki dampak terbesar dalam hal kesuksesan saya selanjutnya. ♦


Reporter: Tri Adi
Editor: Tri Adi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0020 || diagnostic_api_kanan = 0.0004 || diagnostic_web = 0.2749

Close [X]
×