kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Warren Buffett: Emas kurang cocok untuk investasi


Selasa, 10 September 2019 / 08:00 WIB
Warren Buffett: Emas kurang cocok untuk investasi

Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

Bukan rahasia lagi bahwa Warren Buffett tidak menyukai emas sebagai investasi. Menurut Buffett, "Logam ajaib itu tidak cocok untuk keberanian Amerika."

Pada pertemuan tahunan Berkshire tahun 2018, Buffett membandingkan US$ 10.000 yang diinvestasikan dalam saham dan emas pada tahun 1942 (tahun pertama ia berinvestasi dalam saham). Uang yang diinvestasikan dalam reksadana indeks S&P 500, katanya, akan bernilai US$ 51 juta pada tahun 2018 sementara investasi emas hanya bernilai US$ 400.000.

"Dengan kata lain, untuk setiap dolar yang bisa Anda hasilkan dalam bisnis Amerika, Anda akan memiliki keuntungan kurang dari satu sen dengan membeli dari  toko nilai (emas), pelarian setiap orang ketika ada headlines yang menakutkan,” bilang dia, sebagaimana disampaikan Businessinsider

Baca Juga: Warren Buffett: Bekerjalah dengan orang yang Anda kagumi

Dan dalam suratnya tahun 2011, Buffett mencatat bahwa dengan US$ 9,6 triliun Anda bisa membeli "pile A",  seluruh emas di dunia, atau pile B yang berisi seluruh lahan pertanian AS (400 juta hektare) ditambah 16 ExxonMobils dan masih memiliki sisa US$ 1 triliun.  
 
"Harus diakui, ketika orang-orang seabad dari sekarang takut, kemungkinan banyak yang masih akan bergegas ke emas," tulisnya. "Namun, saya yakin, valuasi pile A saat ini senilai US$ 9,6 triliun akan meningkat selama seabad dengan tingkat yang jauh lebih rendah daripada yang dicapai oleh pile B."♦




TERBARU

Close [X]
×