kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45769,82   10,44   1.37%
  • EMAS915.000 -0,44%
  • RD.SAHAM -0.01%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Warren Buffett mengaku salah telah memilih saham maskapai, ini penjelasannya


Senin, 04 Mei 2020 / 06:16 WIB
Warren Buffett mengaku salah telah memilih saham maskapai, ini penjelasannya
ILUSTRASI. Pimpinan Berkshire Hathaway Warren Buffett. REUTERS/Scott Morgan 

Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Investor miliarder Warren Buffett mengatakan Berkshire Hathaway Inc sudah sepenuhnya keluar dari saham empat maskapai penerbangan utama AS. Penjualan saham sudah dilakukan dari Delta Air Lines Inc, Southwest Airlines Co, American Airlines Group Inc dan United Airlines Holdings Inc. Penjualan itu merupakan sebagian besar dari penjualan ekuitas senilai US$ 6,5 miliar oleh perusahaan pada bulan April.

Melansir Bloomberg, selama pertemuan tahunan yang dilakukan secara live-streamed, Buffett mengatakan bisnisnya telah berubah secara mendasar menyusul kejatuhan ekonomi akibat pandemi virus corona. Dia menolak untuk menyalahkan kinerja CEO maskapai, menambahkan bahwa dia tidak iri dengan pekerjaan mereka, terutama dalam periode seperti ini.

Baca Juga: Warren Buffett pegang tunai Rp 2.000 triliun, tapi tak masuk pasar karena alasan ini

"Dunia berubah untuk maskapai dan saya berharap mereka baik-baik saja," kata Buffett pada hari Sabtu di webcast. Dia mengklarifikasi bahwa dia membuat keputusan dan bahwa dia kehilangan uang atas investasinya. "Itu kesalahan saya."

Buffett memiliki hubungan yang rumit dengan industri penerbangan selama bertahun-tahun. Setelah investasi yang merepotkan di USAir, Buffett bergurau bahwa ia akan memanggil nomor 800 untuk menyatakan bahwa ia adalah "air-o-holic" jika ia pernah terdorong untuk berinvestasi di maskapai penerbangan lagi.

Baca Juga: Warren Buffett: Berkshire telah menjual seluruh saham di maskapai penerbangan AS

Kemudian pada tahun 2016, Berkshire terjun lagi ke industri tersebut, mengumpulkan saham di empat maskapai terbesar. Keyakinannya yang baru terhadap industri mendorong spekulasi bahwa suatu hari nanti ia mungkin memiliki salah satu operator.

Tapi sekarang, dia memangkas investasi itu lagi. Berkshire mengungkapkan pada bulan April bahwa mereka setidaknya memangkas saham Delta dan Southwest, yang keduanya dimiliki dengan kepemilikan di atas 10%.

Baca Juga: Warren Buffet ternyata memilih untuk menjual saham dan memegang kas saat pandemi

"Bisnis maskapai -dan saya mungkin salah dan saya harap saya salah- tapi saya pikir bisnis ini berubah dalam cara yang sangat utama. Masa depan jauh lebih tidak jelas bagi saya," paparnya. 




TERBARU

[X]
×