kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada Omicron, Fakta Terbaru Varian Sangat Menular Ini dari WHO


Rabu, 29 Desember 2021 / 23:00 WIB
Waspada Omicron, Fakta Terbaru Varian Sangat Menular Ini dari WHO


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperingatkan, risiko keseluruhan terkait varian baru yang menjadi perhatian, Omicron, tetap sangat tinggi. 

"Bukti yang konsisten menunjukkan, varian Omicron memiliki keunggulan pertumbuhan dibanding varian Delta dengan waktu penggandaan 2-3 hari," kata WHO dalam Pembaruan Epidemiologi Mingguan Covid-19 yang terbit Selasa (28/12).

Dan, menurut WHO, peningkatan cepat kasus Covid-19 terlihat di sejumlah negara, dengan Omicron menjadi varian virus corona yang dominan, seperti di Inggris dan Amerika Serikat. 

Tapi, WHO menyebutkan, penurunan kasus Covid-19 terjadi di Afrika Selatan, tempat pertama kali varian Omicron terdeteksi pada November lalu. 

"Tingkat pertumbuhan yang cepat kemungkinan merupakan kombinasi dari kedua penghindaran kekebalan dan peningkatan transmisibilitas intrinsik dari varian Omicron," sebut WHO. 

Baca Juga: Omicron Bercokol di Indonesia, Kronologis Kasus Transmisi Lokal Pertama Varian Ini

Hanya, data awal dari Inggris, Afrika Selatan, dan Denmark menunjukkan, ada pengurangan risiko rawat inap untuk varian Omicron dibandingkan dengan Delta. 

Namun, WHO menambahkan, butuh data lebih lanjut untuk memahami tingkat keparahan akibat Omicron termasuk penggunaan oksigen dan ventilator, serta angka kematian. 

"Dan, bagaimana tingkat keparahan dapat dipengaruhi oleh vaksinasi dan/atau infeksi SARS CoV-2 sebelumnya," imbuh WHO. 

"Bagaimanapun, data awal menunjukkan, antibodi monoklonal mungkin kurang bisa menetralkan varian Omicron," ungkap WHO. 

Di tengah penyebaran varian Omicron yang semakin luas, WHO melaporkan lonjakan kasus Covid-19 global sepanjang pekan keempat Desember 2021. Kasus Covid-19 global melonjak 11% menjadi 4,98 juta dibanding pekan sebelumnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×