kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Mengadakan Pertemuan dengan Macron dalam Upaya Membuat Jurang Eropa dan AS


Selasa, 04 April 2023 / 22:23 WIB
Xi Jinping Mengadakan Pertemuan dengan Macron dalam Upaya Membuat Jurang Eropa dan AS
ILUSTRASI. French President Emmanuel Macron and his wife Brigitte Macron pose with China's President Xi Jinping and his wife Peng Liyuan during their meeting in Beijing, China, January 8, 2018. REUTERS/Andy Wong/Pool


Sumber: Bloomberg | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Xi Jinping membatalkan semua pembatasan terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron ketika pemimpin China mencoba menciptakan jarak antara Eropa dan AS dalam pendekatan mereka ke Beijing.

Selama kunjungan tiga hari, yang dimulai Rabu, Macron akan memiliki banyak waktu tatap muka dengan Xi. Setelah pertemuan formal di Beijing pada hari Kamis, yang juga akan dihadiri oleh Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Macron dan Xi akan menuju ke kota selatan Guangzhou.

Tamasya untuk bertemu dengan pemimpin dunia di lokasi kedua di luar ibu kota jarang dilakukan Xi, yang biasanya memberikan penghargaan seperti itu kepada teman dekat seperti Presiden Rusia Vladimir Putin: Pada 2018, mereka naik kereta berkecepatan tinggi ke Tianjin di timur Beijing dan menyaksikan pertandingan hoki bersama.

Baca Juga: Tensi Meningkat, Rusia Tangkap Koresponden AS Atas Tuduhan Mata-Mata

Pejabat Prancis mengatakan mereka telah merasakan kehangatan khusus dari rekan-rekan China sebelum perjalanan dan mereka mengatakan persiapannya lebih lancar dan ramah daripada kunjungan Macron sebelumnya.

Dengan mantan Kanselir Jerman Angela Merkel tidak lagi berkuasa, Xi sekarang melihat Macron sebagai seseorang yang dapat mendorong Uni Eropa ke posisi yang lebih moderat di China daripada AS. 

Selain memiliki suara yang berpengaruh di antara sekutu Pakta Pertahanan Atlantik Utara, Prancis juga merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB—dan Macron khususnya telah berusaha untuk terlibat dengan Putin guna menemukan solusi diplomatik untuk mengakhiri perang di Ukraina.

“Dia tentu saja, dari sudut pandang China, politisi paling penting di Eropa,” kata Joerg Wuttke, kepala Kamar Dagang Uni Eropa di China. “Dia benar-benar orang yang tepat.”

Dengan hubungan AS-Tiongkok yang kacau, Beijing berusaha mencegah Eropa untuk bergabung, terutama pada langkah-langkah seperti kontrol ekspor teknologi utama yang akan merugikan pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. 

Baca Juga: Rusia Tangkap Koresponden AS Atas Tuduhan Mata-Mata

Uni Eropa, termasuk Jerman dan Prancis, berusaha untuk menyeimbangkan keinginan untuk terlibat dengan China dalam perdagangan dan investasi sambil tetap menegaskan apa yang mereka anggap sebagai nilai-nilai inti Eropa, termasuk penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kedaulatan teritorial di tempat-tempat seperti Ukraina.

Macron, yang mengambil alih kekuasaan pada 2017, bekerja dengan Merkel sebelumnya untuk merundingkan Perjanjian Investasi Komprehensif, kesepakatan antara China dan UE yang siap membawa hubungan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi. 

Namun itu ditangguhkan pada tahun 2021 setelah kedua belah pihak berselisih tentang sanksi yang dijatuhkan karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia, dan sekarang tampaknya sudah mati.

“Sekarang setelah Merkel pergi, kami hanya memiliki Macron yang mengetahui semua latar belakang,” kata Henry Wang Huiyao, pendiri Center for China and Globalization. “Dia berada dalam posisi yang lebih baik untuk mempromosikan hubungan UE-Tiongkok dan hubungan Prancis-Tiongkok.”




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×