kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yahoo menjual 3.000 hak patennya senilai US$ 1 M


Kamis, 09 Juni 2016 / 06:29 WIB
Yahoo menjual 3.000 hak patennya senilai US$ 1 M


Reporter: Mona Tobing | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SAN FRANCISCO. Di tengah kabar akuisisi aset Yahoo Inc oleh Verizon Communications Inc, Yahoo telah melelang 3.000 hak patennya. Diperkirakan nilai penjualan atas hak paten Yahoo tersebut lebih dari US$ 1 miliar.

Sumber yang mengetahui rencana tersebut menjelaskan, selama sepekan terakhir ini, Yahoo telah mengirimkan tawaran penjualan ke sejumlah pembeli atas hak paten yang dimiliki Yahoo.

Seperti yang dikutip dari The Wall Street Journal. Yahoo telah menetapkan batas waktu pertengahan Juni untuk tawaran perdana. Yahoo juga telah menyewa jasa Black Stone IP, bank investasi untuk melakukan penjualan hak paten.

Juru bicara Yahoo telah mengonfirmasi rencana penjualan 3.000 hak paten Yahoo. "Ini merupakan kesempatan yang menarik bagi perusahaan yang beroperasi di industri internet untuk memperoleh hak paten kami. Sebab, kami yang merintis dalam dalam pencarian web dan iklan," terang juru bicara Yahoo seperti yang dikutip The Wall Street Journal.

Sebelumnya, Yahoo telah mengumumkan rencana untuk menjual sejumlah asetnya pada Maret. Reuters menulis, Yahoo berencana mendapat penjualan sebesar US$ 1 miliar hingga US$ 3 miliar yang bersumber dari hak paten, properti dan aset non inti lini bisnisnya.

Penjualan aset Yahoo di tengah-tengah lelang penjualan bisnis intinya yakni web. Verizon dikabarkan sebagai pembeli kuat aset Yahoo yang telah menawar sebesar US$ 3 miliar. Namun angka tersebut rupanya lebih rendah dari perkiraan Yahoo.

Yahoo menaksir penjualan nilai bisnis intinya mencapai US$ 4 miliar hingga US$ 8 miliar. Namun, Verizon rupanya tidak dapat membayar dari jumlah tawaran Yahoo termasuk pembelian atas hak paten yang dimiliki Yahoo.

April lalu, Yahoo telah menugaskan anak perusahaannya, Excalibur IP LLC untuk mengajukan pemisahan hak paten sebanyak 2.659 hak paten ke U.S. Patent and Trademark Office. Langkah tersebut dinilai sebagai bagian dari rencana penjualan hak paten Yahoo.

Penjualan hak paten Yahoo bersamaan dengan batas akhir penawaran akuisisi tahap kedua Yahoo. Sejauh ini, Verizon lah yang secara resmi memasukkan harga akuisisi itu pada batas akhir penawaran akuisisi tahap kedua.




TERBARU

[X]
×