: WIB    --   
indikator  I  

Aktivitas bisnis China di Agustus meleset target

Aktivitas bisnis China di Agustus meleset target

KONTAN.CO.ID -  Aktivitas produksi pabrik di China tumbuh 6% pada Agustus 2017 dibanding Agustus 2016. Sementara belanja modal perusahaan naik 7,8% di delapan bulan pertama 2017. Kedua pencapaian tersebut di bawah ekspektasi ekonom. 

Pemungutan suara analis yang digelar Reuters memprediksi aktivitas produksi pabrik di China bisa naik 6,6% di Agustus. Prediksi ini membaik dari produksi di bulan Juli yang sebesar 6,4%. 

Sementara prediksi belanja modal perusahaan bisa tumbuh sampai 8,2% dalam delapan bulan pertama di 2018. Angka tersebut moderat dibanding pertumbuhan 8,3% dalam periode Januari-Juli 2017. 

Pertumbuhan belanja modal yang melambat ini mencerminkan perusahaan skala kecil dan menengah swasta masih menghadapi tantangan untuk mengakses permodalan. Sekadar informasi, sekitar 60% dari total belanja modal di China berasal dari perusahaan swasta. 

"Adapun penjualan ritel di China naik dua digit mencapai 10,1% di Agustus 2017 dibanding Agustus 2016," seperti dikutip dari Biro Statistik China.  

China memprediksi pertumbuhan belanja modal sekitar 9% di tahun ini. Dan belanja ritel diharapkan bisa tumbuh sekitar 10%. Sementara target pertumbuhan ekonomi tahun ini sekitar 6,5%. Prediksi ini turun dari 2016 yang sebesar 6,7%. 

 


SUMBER : CNBC,Reuters
Editor Rizki Caturini

EKONOMI CHINA

Feedback   ↑ x
Close [X]