: WIB    --   
indikator  I  

Apple Inc kaji ikut bidding unit chip Toshiba

Apple Inc kaji ikut bidding unit chip Toshiba

TOKYO. Apple Inc mempertimbangkan untuk ikut mengajukan penawaran pengambilalihan bisnis semikonduktor milik Toshiba Corp. Seperti dikabarkan sebuah sumber di media penyiaran Jepang NHK, Apple akan menggandeng pemasok produk Apple, Foxconn dalam rencana ini.

Apple mempertimbangkan untuk berinvestasi setidaknya beberapa miliar dollar AS untuk mengempit sekitar 20% saham atau lebih, di tengah rencana Toshiba untuk tetap menguasai sebagaian saham lainnya.

Proposal seperti ini untuk meredam kekhawatiran pemerintah Jepang akan transfer teknologi kepada investor baru yang berkaitan dengan keamanan nasional. 

Rumor ini muncul setelah Western Digital Corp, salah satu penawar semi konduktor Toshiba menyatakan, Toshiba melanggar kontrak usaha patungan dalam rencana menjual unit chip-nya. Western Digital menginginkan hak negosiasi eksklusif terkait rencana akuisisi tersebut.

Manajemen Toshiba sebelumnya telah mempersempit jumlah penawar hanya dengan membatasi untuk empat penawar. Di antaranya produsen chip asal AS, Broadcom Ltd yang berkongsi dengan firma private equity Silver Lake Partners LP. Kemudian produsen chip Korea Selatan bernama SK Hynix, Foxconn dan Western Digital.  

Meski begitu, hingga kini manajemen Apple dan Foxconn masih enggan berkomentar terkait rumor ini. 

 

 

 

 

  


SUMBER : Reuters
Editor Rizki Caturini

AKUISISI

Feedback   ↑ x
Close [X]