kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belum berhasrat mempublikkan Pinterest (3)


Kamis, 13 Juli 2017 / 13:16 WIB
Belum berhasrat mempublikkan Pinterest (3)


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

Banyak cara ditempuh pebisnis untuk memperoleh pendanaan demi mengembangkan usahanya. Banyak yang memilih menjual saham ke publik dan mencatatkan saham perdana demi menggaet dana segar. Namun, tidak demikian dengan Ben Silbermann, pendiri Pinterest. Dia justru kurang bernafsu untuk menjual saham Pinterest ke publik. Terlebih lagi, invesor masih doyan berinvestasi langsung ke perusahaan yang saat ini sudah bernilai hingga US$ 12,3 miliar.

Valuasi Pinterest, perusahaan jejaring media sosial berbagi foto layaknya Instagram, kian menggelembung. Sang pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Pinterest, Ben Silbermann, semakin berambisi mengembangkan bisnis yang dirintisnya sejak tahun 2010 itu. Dorongan agar Pinterest mencatatkan saham perdana ke publik atawa initial public offering (IPO) juga semakin banyak disuarakan oleh sejumlah kalangan, meski sang pendirinya justru belum tertarik melakukan hal tersebut.

Dalam sebuah artikel yang dirilis Benzinga.com, diceritakan bahwa pada tahun 2013, Silbermann pernah mengungkapkan dirinya belum tertarik membawa Pinterest ke bursa saham. Namun dia menambahkan bahwa tidak tertutup kemungkinan Pinterest melantai di bursa efek, meski bisa dipastikan tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Memang, Silbermann berambisi menggenjot perolehan laba bersih perusahaan yang didirikannya mencapai USD 500 juta pada akhir tahun 2017. Hal ini dapat terealisasi, bila Pinterest mampu meningkatkan jumlah penggunanya, dari saat ini berjumlah lebih dari 180 juta pengguna. Tentu saja sokongan modal menjadi salah satu faktor penting agar akselerasi Pinterest bertambah gesit.

Bila kebanyakan orang memilih  IPO untuk mendapatkan permodalan besar guna memperbesar binsis, Silbermann justru kebanjiran investor institusi yang tertarik pada Pinterest. Baru-baru ini Pinterest memperoleh gelontoran dana senilai US$ 1 miliar. Sebagai catatan, sejumlah investor raksasa telah membantu permodalan Pinterest, diantaranya Horowitz, Bessemer Venture Partners, FirtMark Capital, SV Angel dan Fidelity. Berkat kepercayaan dari perusahaan modal ventura tersebut, valuasi Pinterest kini berjumlah US$ 12,3 miliar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×