: WIB    —   
indikator  I  

Goldman dan Google pun minat menjadi investor (3)

Goldman dan Google pun minat menjadi investor (3)

KONTAN.CO.ID - Valuasi Outcome Health, perusahaan aplikasi kesehatan yang dimiliki oleh Rishi Shah terus berkembang. Aplikasi ini telah hadir di banyak 40.000 ruang praktik dokter. IniĀ  setara dengan 20% dari total ruang praktik dokter di Amerika Serikat (AS). Perkembangan itu tidak lepas dari kepiawaian Rishi meramu dan membangun bisnis Outcome Health, salah satunya lewat sejumlah aksi akuisisi. Tercatat, hingga kini nilai valuasi startup Rishi sudah bernilai US$ 5,6 miliar.

Dalam mengembangkan perusahaan rintisan (startup) miliknya, Rishi Shah tidak hanya mengandalkan pertumbuhan organik. Pria keturunan India yang kini berusia 32 tahun ini juga mengandalkan pertumbuhan anorganik, lewat serangkaian aksi akuisisi.

Langkah akuisisi ini diambil karena melihat tren bisnis yang dibangun sejak tahun 2008 tersebut terus berkembang. Seperti diketahui, sampai akhir tahun 2016, aplikasi milik Rishi yaitu Outcome Health, telah menjangkau 40.000 ruang dokter atau setara dengan 20% total ruang dokter di Amerika Serikat (AS).

Jangkauan yang luas pada pasien ini memberikan Rishi kesempatan untuk meraup cuan atas pemasangan iklan dari beberapa perusahaan kesehatan. Saat ini tercatat valuasi Outcome Health mencapai US$ 5,6 miliar dan berhasil menempatkan Rishi masuk jajaran miliarder dunia dengan total kekayaan senilai US$ 3,6 miliar.

Kekayaan tersebut diperoleh dari beberapa pendanaan yang dilakukan investor. Dengan memiliki kepemilikan 80% saham Outcome Health, kekayaan Rishi terus bertambah seiring peningkatan valuasi perusahaan.

Awalnya, sebelum bernama Outcome Health, perusahaan rintisan milik Rishi tersebut dinamai ContextMedia. Mengutip Forbes pada November 2016, perusahaan ini mengakuisisi salah satu rival terdekatnya yaitu AccentHealth.

Tidak ada keterangan berapa dana yang Rishi kucurkan untuk mengakuisisi AccentHealth. Namun setelah akuisisi tersebut, nama ContextMedia berubah menjadi Outcome Health. Selain perubahan nama, perusahaan rintisan milik Rishi juga mulai banyak dilirik oleh investor.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Tri Adi

RISHI SHAH

Feedback   ↑ x
Close [X]