kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini surat pamitan Janet Yellen kepada Trump


Selasa, 21 November 2017 / 18:02 WIB
Ini surat pamitan Janet Yellen kepada Trump


Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - New York, AS. Senin (20/11) akhirnya Janet L. Yellen menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Dear Mr. President:

I am writing to inform you that I plan to resign as a Member of the Board of Governors of the Federal System, effetive upon the swearing in of my successor as Chair

Begitu tulis perempuan berusia 71 tahun ini mengawali surat pengunduran dirinya, seperti termuat dalam salinan yang dikirim Humas The Fed kepada Kontan.co.id.  

Yellen ditunjuk menjadi anggota Dewan Gubernur oleh mantan Presiden AS Barrack Obama untuk masa tugas yang akan berakhir pada 31 Januari 2024. Namun, jabatannya sebagai Ketua Dewan Gubernur sudah akan berakhir pada 3 Februari 2018 mendatang.

Oktober 2017 lalu Presiden Trump memilih untuk tidak memperpanjang jabatan Yellen sebagai Ketua The Fed. Dia menunjuk Jerome H. Powell sebagai calon Ketua yangberikutnya. Powell sendiri telah menjadi anggota Dewan Gubernur sejak 2012 lalu.  

Di dalam surat pengunduran diri sepanjang lima paragraf itu Yellen menyampaikan perasaan mendapat kehormatan bisa mengabdi di lingkungan The Fed selama tiga dekade.

Sebelum diangkat sebagai Ketua The Fed, Yellen menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Gubernur, dari Oktober 2010 sampai Februari 2014. Dia juga sempat menjadi Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco, dari Juni 2004 hingga Oktober 2010.

Jauh sebelum  itu, Yellen ditunjuk menjadi anggota Dewan Gubernur oleh Presiden Clinton pada bulan Agustus 1994. Tiga tahun kemudian dia mengundurkan diri lantaran menduduki kursi Ketua Dewan Presiden Penasihat Ekonomi, hingga Agustus 1999.

Melalui surat pamitannya, Profesor Emeritus dari University of California di Berkeley ini juga mengungkapkan kebanggaannya telah berkeja bersama-sama banyak orang yang penuh dedikasi dan berkemampuan.

Penghargaan dia sampaikan kepada pendahulunya Ben S. Bernanke yang telah memimpin The Fed semasa krisis finansial dan selama masa-masa pemulihan.

Yellen juga menandaskan rasa puasnya pada kondisi ekonomi AS sekarang yang dia nilai jauh lebih kuat ketimbang sepuluh tahun lalu. Dia juga yakin bahwa AS siap menghadapi ketidakstabilan di masa mendatang dan terus mendukung aspirasi kalangan rumah tangga dan industri di negara itu. 

Di pengujung suratnya, Yellen menyampaikan "pesan halus" kepada penggantinya, Jerome H Powell.

Dia yakin bakal Ketua The Fed yang baru itu memiliki komitmen mendalam untuk menjunjung kepentingan publik dengan penuh integritas, profesional, dan non-partisan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×