kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel Lakukan Serangan Udara Secara Massif di Gaza


Kamis, 25 April 2024 / 18:10 WIB
Israel Lakukan Serangan Udara Secara Massif di Gaza
ILUSTRASI. Pesawat-pesawat tempur Israel menggempur jalur Gaza utara untuk hari kedua pada Rabu (24 April). REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KAIRO/YERUSALEM. Pesawat-pesawat tempur Israel menggempur jalur Gaza utara untuk hari kedua pada Rabu (24 April) dalam serangan sengit yang telah menghancurkan ketenangan selama berminggu-minggu, dengan Israel mengatakan pihaknya bergerak maju dengan rencana serangan habis-habisan terhadap Rafah, kota selatan Gaza. 

Setelah Israel mundur secara mendadak pada awal bulan ini, warga Palestina di kedua ujung Jalur Gaza kembali melarikan diri dari pemboman yang mereka gambarkan sebagai beberapa yang terburuk dalam perang.

Seorang juru bicara pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel “bergerak maju” dengan rencananya untuk melakukan operasi darat di Rafah tetapi tidak memberikan batas waktunya.

Negara-negara Barat, termasuk sekutu terdekat Israel, Amerika Serikat, telah memohon agar Israel menahan diri untuk tidak menyerang kota di tepi selatan Gaza, yang menampung lebih dari separuh penduduk di wilayah kantong yang berjumlah 2,3 juta jiwa itu.

Baca Juga: Kritik Pendudukan Israel di Tepi Barat, AS: Itu Berbahaya dan Ceroboh!

Di Gedung Putih, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan Washington masih berbicara dengan Israel mengenai Rafah dan para pejabat dari kedua negara diperkirakan akan segera bertemu kembali secara langsung.

"Kami telah melakukan diskusi yang sangat rinci... untuk membicarakan bukan hanya kekhawatiran kami, namun juga pandangan kami bahwa ada cara berbeda untuk menangani ancaman Hamas di Rafah," katanya kepada wartawan.

Seorang pejabat senior pertahanan Israel, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Israel siap untuk mengevakuasi warga sipil sebelum serangannya dan telah membeli 40.000 tenda yang masing-masing dapat menampung 10-12 orang. Yang tersisa hanyalah Netanyahu memberikan perintah.

Pengungsi yang berlindung di Rafah sedang mempertimbangkan apakah akan melarikan diri lagi. Tamer Al-Burai, yang melarikan diri dari Kota Gaza dan sekarang tinggal di Rafah di tenda-tenda bersama tujuh keluarga besarnya, mengatakan seluruh kelompok tersebut menuju ke utara "karena Israel terdengar lebih serius dalam ancamannya kali ini".

“Kami mempunyai perempuan, anak-anak, orang lanjut usia dan orang sakit, yang mungkin menghadapi masalah untuk melarikan diri jika invasi terjadi secara tiba-tiba,” katanya kepada Reuters melalui aplikasi obrolan. “Invasi terjadi di bawah tembakan hebat dan orang-orang tewas saat mereka pergi. Jadi kami memutuskan untuk pergi lebih awal.”

HAMAS RILIS VIDEO SANDERA 

Di ujung lain Jalur Gaza, kota Beit Lahiya mendapat serangan besar-besaran untuk hari kedua pada hari Rabu, sehari setelah militer Israel memerintahkan penduduk di empat distrik untuk mendeklarasikan “zona pertempuran berbahaya”.

Israel mengatakan operasinya di sana menargetkan daerah di mana sayap bersenjata Jihad Islam yang bersekutu dengan Hamas menembakkan roket ke dua permukiman perbatasan Israel pada hari Selasa.

Israel mengatakan akan membasmi Hamas setelah kelompok militan tersebut mengamuk di Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang dan 253 orang disandera, menurut perhitungan Israel.

Baca Juga: Israel Tingkatkan Serangan di Gaza, Evakuasi Baru Diarahkan ke Utara

Hamas merilis sebuah video pada hari Rabu yang tampaknya menunjukkan sandera Israel-Amerika Hersh Goldberg-Polin, 23, masih hidup. Ayahnya, Jonathan Polin, mendesak para pemimpin untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

“Kami lega melihatnya masih hidup, namun kami juga prihatin dengan kesehatan dan kesejahteraannya serta semua sandera lainnya dan semua orang yang menderita di wilayah ini,” kata ayahnya melalui pesan video.

Perang Israel di Gaza, yang kini memasuki bulan ketujuh, telah menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan Gaza. Serangan tersebut telah menghancurkan sebagian besar wilayah kantong tersebut, menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya mengungsi dan menciptakan krisis kemanusiaan.

Dalam 24 jam terakhir, serangan Israel telah menewaskan sedikitnya 79 warga Palestina dan melukai 86 lainnya, kata Kementerian Kesehatan Gaza.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×