: WIB    —   
indikator  I  

Mantan pengantar piza yang menyukai properti (2)

 Mantan pengantar piza yang menyukai properti (2)

KONTAN.CO.ID - Daniel Gilbert memang terbukti lihai berbisnis. Dari awalnya bermodal US$ 5.000 kala mendirikan Rock Financial, kini bisnis pembiayaan properti Gilbert sudah bernilai miliaran dollar AS. Gilbert kini mengantongi total harga kekayaan senilai US$ 5,9 miliar. Gilbert sukses mengantarkan Rock Financial melantai di bursa saham di tahun 1998. Selang setahun kemudian, kepemilikan Rock Financial berpindah saat Gilbert menjualnya kepada Intuit Inc.

Kepiawaian dan konsistensi Daniel Gilbert menggeluti usaha dibidang pembiayaan properti, menjadikannya salah satu pebisnis sukses. Berkat bisnisnya tersebut, Gilbert berhasil mengumpulkan kekayaan senilai US$ 5,9 miliar. Di wilayah Detroit, Amerika Serikat (AS), dia menciptakan banyak lapangan kerja serta menyumbang pajak terbesar bagi daerah tersebut.

Miliarder berusia 55 tahun tersebut lahir dan besar di kota kecil bernama Southfield, di wilayah Michigan, Detroit. Saat masih mengejar gelar pendidikan tinggi dibidang hukum, dia mengambil lisensi sebagai agen penjual real estate.

Ketertarikan Gilbert pada bidang properti, memang sudah tertanam sejak muda. Tidak seperti kebanyakan pengusaha properti, Gilbert mengatakan, bisnis ini bisa untung besar bukan dari cuan hasil menjual rumah secara konvensional. Tapi, ia mengail untung dari segmen lain yakni jasa hipotek atau pembiayaan mortgage. Dari bisnis ini, dia mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar dalam jangka panjang.

Perjuangan Gilbert menjadi sukses seperti saat ini, tentu tidak mudah. Semasa muda di era tahun 1980-an, dia rela bekerja sebagai pengantar pizza. Sedikit demi sedikit gaji yang ia peroleh disisihkan untuk menambah modal bisnis impiannya.


Reporter Yoliawan H
Editor Tri Adi

DANIEL GILBERT

Feedback   ↑ x
Close [X]