kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Miliarder bisnis perakitan semikonduktor (1)


Selasa, 21 November 2017 / 13:05 WIB
Miliarder bisnis perakitan semikonduktor (1)


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Jason Chang kini terkenal sebagai miliarder di bidang teknologi berkat perusahaan produsen semikonduktor yang didirikannya, Anvanced Semiconductor Engineering (ASE). Kekayaan pria tersebut menurut Forbes kini berjumlah US$ 2,8 miliar. Dari sisi keilmuan, bekal pendidikan formal dibidang teknologi cukup menunjang kariernya. Dialah pengusaha yang merekomendasikan penggunaan kawat tembaga untuk menggantikan kawat emas dalam membuat integrated circuit.

Kerja keras dan pantang menyerah adalah kalimat yang tepat untuk disematkan seorang pebisnis ulung, Jason Chang. Miliarder kelahiran Shanghai 1944 tersebut, terbilang cerdik dalam memanfaatkan peluang bisnis.

Berawal dari satu perusahaan yang Jason dirikan sejak awal meniti karier, kini telah berkembang dan menghasilkan puluhan anak-anak usaha. Advanced Semiconductor Engineering (ASE) Group, perusahaan induk milik Jason, kini terkenal sebuah perusahaan raksasa tersohor bidang teknologi semikonduktor.

Pria berusia 73 tahun tersebut merupakan pemimpin perusahaan yang berbasis di Taiwan. Perusahaan ini merupakan penyedia perakitan semikonduktor independen dan layanan uji manufaktur.

Pada era 1960-an dan tahun 1970-an, Jason dengan jeli mengidentifikasi prospek pertumbuhan sektor bisnis berteknologi tinggi. Dengan visi ini, ia mendirikan ASE pada tahun 1984 dan melakukan mendiversifikasikan bisnis real estate milik keluarganya, ke sektor bisnis elektronik yang sedang berkembang.

Ketika memulai karier di dunia teknologi, Jason tak sendirian. Pasca lulus menjadi sarjana, dibantu saudaranya, Richard Chang, Jason bersama-sama mendirikan ASE dengan membuka pabrik pertama di Kaohsiung, Taiwan.

Dunia teknologi memang bukan barang baru bagi Jason. Dia merupakan jebolan sarjana teknik elektro dari National Taiwan University. Kemudian gelar magister lantas ia peroleh dariĀ  Illinois Institute of Technology.

Pada awal memulai usaha pendirian pabrik, Jason dibantu oleh kurang dari 200 orang karyawan. Saat ini, ASE telah mempekerjakan lebih dari 70.000 orang karyawan yang berasal dari berbagai penjuru dunia.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×