: WIB    —   
indikator  I  

Nama saya Kaesang dan ayah saya seorang pengusaha

Nama saya Kaesang dan ayah saya seorang pengusaha

SINGAPURA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istri Iriana menghadiri acara wisuda anaknya Kaesang Pangarep (19) di di Singapura, Jumat (21/11) malam.  Selain Jokowi dan Iriana, kakak Kaesang, Kahiyang Ayu, juga menghadiri wisuda itu. 

Harian Singapura, The Straits Times menulis, selama menempuh pendidikan di Anglo-Chinese School (International) di Singapura,  Kaesang  tidak pernah mengaku sebagai anak pejabat Indonesia.

Bahkan menurut guru Fisika, Ho Wee Kwong, Kaesang selalu rendah hati soal keluarganya. Tidak ada yang tahu soal statusnya. Dia naik bus seperti siswa-siswa lainnya. Bahkan, kepada guru-guru pun, dia tidak pernah bilang bahwa dia anak wali kota (Solo) atau gubernur (DKI Jakarta), atau anak presiden.

"Dia hanya bilang namanya Kaesang dan ayahnya seorang pengusaha," lanjut Ho.

Kehadiran Jokowi dan Iriana mendapat sambutan meriah dari siswa ASCI dan para tamu undangan acara wisuda tersebut. Kaesang mendapat tepuk tangan paling heboh dari teman-temannya selama acara tersebut. 

Orang nomor satu di Indonesia itu pun melayani permintaan teman-teman putranya untuk selfie.

Pada akhir wisuda, Kahiyang memberi seikat balon kepada sang adik. "Saya sangat bangga kepadanya," kata Kahiyang.

Jokowi juga mengungkapkan kebahagiaannya bisa menghadiri wisuda putra bungsunya itu. Menurutnya, dia menyekolahkan anaknya ke luar negeri untuk melatihnya agar menjadi mandiri.

Kaesang mengaku mendapat motivasi dari sang ayah, yang sering meneleponnya untuk memberi masukan dan semangat. "Bapak berpesan untuk selalu beribadah," ujarnya.


Reporter Uji Agung Santosa
Editor Uji Agung Santosa

SISI LAIN PRESIDEN

Feedback   ↑ x
Close [X]