: WIB    --   
indikator  I  

Oprah untung 71% dari Gustav Klimt

Oprah untung 71% dari Gustav Klimt

TAK cuma di dunia showbiz, Oprah Winfrey pun punya sentuhan Midas di dunia seni. Belum lama ini, miliarder ini dikabarkan telah menjual sebuah Lukisan karya Gustav Klimt seharga US$ 150 juta. Angka penjualan ini merupakan transaksi privat barang seni terbesar sepanjang 2016. 

Winfrey, chief executive officer kanal televisi Oprah Winfrey Network, membeli Lukisan berjudul "Portrait of Adele Bloch-Bauer II" seharga US$ 87,9 juta pada 2006 di galeri Christie's di New York. Hingga kini, harga ini pun merupakan rekor lelang terbuka untuk seniman Austria. Sejak itu, harganya telah menanjak sekitar 71%.

Karya tersebut merupakan karya kedua Klimt yang berpindah tangan dengan nilai signifikan di tengah kontraksi pasar seni belakangan ini. Sebelumnya, menurut konsultan seni Sandy Heller, miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev menjual "Water Serpents II" (1904-1907) secara tertutup seharga US$ 170 juta pada November 2015. 

Yang menarik, kedua Lukisan Klimts tersebut berpindah tangan ke pembeli dari Asia. Fenomena ini seiring dengan pertumbuhan kekayaan di kawasan ini, yang juga melahirkan kolektor-kolektor seni yang bersemangat untuk mendapatkan karya masterpiece dari Barat. "Klimt berada dalam daftar buruan mereka, bersama beberapa seniman lain," ujar Grace Rong Li, yang kerap memberi saran ke para kolektor Asia mengenai seni kontemporer modern Barat. Ia menambahkan, daya tarik Klimt, yang terkenal dengan Lukisan keemasan "The Kiss", adalah sisi astetik maupun finansialnya. 

"Portrait of Adele Bloch-Bauer II" (1912) menggambarkan seorang wanita dengan selendang panjang dan topi hitam selayaknya lingkaran suci, berdiri dengan latar belakang ornamen berwarna mauve dan hijau. Subyek Lukisan ini, Bloch-Bauer, adalah istri dari seorang industrialis Yahudi sekaligus pecinta seni di Vienna. 

Dipamerkan di Neue Galerie

Menurut sumber yang mengetahui transaksi Lukisan ini, Winfrey secara anonim meminjamkan Lukisan ini ke Museum of Modern Art (MOMA) sejak 2014. Sedianya, Winfrey akan meminjamkan Lukisan ini selama lima tahun. Peminjaman ini diatur oleh David Geffen, seorang taipan di industri hiburan AS yang juga teman baik Winfrey dan donatur museum ini.

Sayang, perwakilan Winfrey maupun Geffen sama-sama menolak berkomentar.

Yang jelas, saat Lukisan Klimt tersebut dipamerkan di lantai 5 MOMA tahun lalu, Winfrey didekati oleh broker barang seni Larry Gagosian, yang mengaku punya daftar pembeli potensial. Winfrey konon bersedia melepas Lukisan itu dengan harga US$ 150 juta. 


SUMBER : Bloomberg
Editor Asih Kirana

INVESTASI

Feedback   ↑ x
Close [X]