kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekor harga berlian termahal di lelang Sotheby's


Kamis, 07 April 2016 / 06:30 WIB
Rekor harga berlian termahal di lelang Sotheby's


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

HONG KONG. Rekor baru penjualan berlian berwarna biru, memeriahkan perhelatan lelang Sotheby di Hong Kong. Berlian langka tersebut dimenangkan seharga HK$ 248,29 juta atau setara US$ 31,8 juta di tengah kelesuan ekonomi China yang turut mempengaruhi minat peserta lelang.

Berlian bertajuk "De Beers Millennium Jewel 4" merupakan produk dengan karakter 10,10 karat versi berlian biru (vivid blue diamond). Harga transaksi berlian tersebut tercatat menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah di kawasan Asia.

Meskipun, nilai transaksi lebih kecil dari prediksi para pengamat yang memperkirakan harga bisa mencapai US$ 35 juta. Pemenangnya dari lelang tersebut, tidak bersedia diungkapkan identitasnya.

Uniknya, sang pembeli memenangkan lelang melalui penawaran harga yang dilakukan lewat sambungan telepon. David Bennett, Kepala Divisi Perhiasan Internasional Sotheby mengatakan, penjualan berlian ini terbilang sangat sukses.

Rekor harga perhiasan terbaru di Asia menggambarkan, prospek lelang perhiasan di Asia masih akan mendapat banyak peminat.

"Minat masyarakat masih cukup baik dan sangat mendukung," tutur Bennett.

Sebelumnya sempat ada kekhawatiran bahwa perlambatan ekonomi China yang tahun lalu hanya tumbuh 6,9% dan gerakan anti korupsi yang digerakkan Presiden China Xi Jinping bisa memukul pasar lelang benda seni dan perhiasan di Asia, baik Sotheby maupun Christie.

Sekadar mengingatkan, lelang Sotheby di Jenewa, Swiss, telah memenangkan miliarder asal Hong Kong, Joseph Lau sebagai pemilik berlian biru yang diberi nama Blue Moon.

Untuk mendapatkan berlian 12.03 karat tersebut, Lau bersedia merogoh kocek senilai 48,6 juta franc atau setara US$ 48,4 juta. Seperti pernah diberitakan Bloomberg, November 2015, pembelian Blue Moon hanya berselang sehari pasca Lau membeli berlian berwarna merah jambu seharga 28,7 juta franc.

Kedua berlian mewah tersebut dihadiahkan Lau kepada putrinya bernama Josephine yang masih berusia tujuh tahun. Bukan sekadar permata biasa, Blue Moon menyandang predikat fancy vivid blue dari Gemological Institute of America, lembaga rating permata internasional. Julukan fancy vivid blue merupakan "kasta" tertinggi batuan permata.




TERBARU

[X]
×