: WIB    --   
indikator  I  

Tak tertarik politik, lebih suka berbisnis (2)

Tak tertarik politik, lebih suka berbisnis (2)

Darah politisi yang mengalir dalam diri Kalanithi Murasoli Maran tak menyebabkannya terjun ke dunia politik. Kalanithi justru sangat tertarik pada dunia bisnis, dengan menamatkan studi master of business administration dari University of Scranton di Pennsylvania. Kalanithi mencermati sejumlah praktik bisnis yang menurutnya sangat menarik bila kembangkan di India, negara asalnya. Bisnis media, menjadi cikal bakal peruntungan pria ini ke depan.

Kalanithi Murasoli Maran (Kalanithi) kini menikmati statusnya sebagai salah satu miliarder di India. Lewat Sun Network Group yang menjalankan bisnis media, Forbes mengkalkulasi kekayaan pribadi dia saat ini mencapai US$ 4,4 miliar.

Kekayaan yang ia dapatkan dari Sun Network bisa jadi terlihat wajar. Jumlah penduduk yang besar di India, merupakan pasar strategis bagi bisnis hiburan, yang dikemasnya dalam usaha media. Jangan heran bila Sun Network disebut-sebut merupakan jaringan televisi paling menguntungkan di kawasan regional Asia.

Kalanithi berasal dari keluarga yang berkecukupan, dengan latar belakang profesi anggota keluarga  di bidang politik. Urusan finansial, tentu tak jadi masalah bagi keluarga besar, untuk menyekolahkan Kalanithi.

Dia menuntaskan pendidikan hingga tingkat sarjana di lembaga bergengsi di daerah asalnya. Tak hanya berkutat pada kesibukan kuliah, Kalanithi pun pernah menjadi ketua persatuan mahasiswa dan memimpin sejumlah gerakan terkait isu suku Tamil.

Meski latar belakang keluarganya terjun di dunia politik, ia tak benar-benar tertarik dengan dunia tersebut. Kalanithi lebih menunjukkan minat ke dunia bisnis.

Itu sebabnya, pasca menyelesaikan pendidikan tinggi, dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat (AS). Pennsylvania menjadi tujuannya untuk mengejar gelar Master of Business Administration dari University of Scranton.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

KALANITHI MURASOLI MARAN

Feedback   ↑ x
Close [X]