kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Aksi ekspansi selalu menggunakan modal sendiri (3)


Sabtu, 27 April 2019 / 09:25 WIB

Aksi ekspansi selalu menggunakan modal sendiri (3)

Penjualan Wildberries terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun berkat ekspansi tak henti Tatyana Bakalchuk. Lini produk yang dijual di e-commerce tersebut terus bertambah. Jumlah pick up point juga terus ditambah untuk memangkas waktu pengiriman barang sehingga pesanan para konsumen bisa sampai lebih cepat. Pada kuartal pertama tahun 2019 ini, penjualan perusahaan tersebut sudah melejit hingga 85%.

Tatyana Bakalchuk sukses membawa perusahaan e-commerce Wildberries menjadi pengecer online terbesar di Rusia. Meskipun sudah mulai menapaki puncak hanya dalam tiga tahun, perempuan terkaya di negaranya ini tidak berhenti melakukan ekspansi.

Dengan kerja kerasnya, Tatyana membawa perusahaan yang ia rintis sejak tahun 2004 terus tumbuh dari tahun ke tahun. Penjualan Wildberries melesat dengan rata-rata pertumbuhan antara 20% sampai 70% per tahunn.

Pada kuartal I-2019, Wildberries mengumumkan mencapatkan pertumbuhan pendapatan sebesar US$ 603 juta. Pencapaian tersebut melesat 85% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Jumlah pesanaan yang diproses mengalami pertumbuhan 89%.

Segmen yang tumbuh paling tinggi pada kuartal pertama adalah elektronik, peralatan kantor, serta peralatan rumah tangga dan dapur. Widlberry juga mencatat pertumbuhan signifikan dalam pesanan sepatu online dan pakaian.

Pertumbuhan itu sejalan dengan perluasan lini produk yang dilakukan Wildberries dan pengembangan jaringan pengambilan poin. Di kuartal pertama tahun ini, Wildberry telah membuka 800 pick-up point baru sehingga totalnya sudah mencapai 3.700 pick-up point yang beroperasi di Rusia, Belarus, Kazakstan, Armenia dan Kirgistan.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Editor: Tri Adi

Video Pilihan


Close [X]
×