Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - Apple dilaporkan mengalami kerugian lebih dari US$1 miliar per tahun dari layanan streamingnya, Apple TV+, menurut laporan The Information yang mengutip dua sumber terpercaya pada Kamis (20/3).
Sejak diluncurkan pada 2019, Apple telah menghabiskan lebih dari US$5 miliar per tahun untuk produksi konten.
Namun, tahun lalu perusahaan memangkas anggaran tersebut sekitar US$500 juta. Hingga saat ini, Apple belum memberikan tanggapan atas laporan tersebut.
Baca Juga: Apple Bersiap Luncurkan iPhone Lipat Pertama pada 2026, Berapa Harganya?
Apple TV+ Tertinggal dari Para Pesaing
Meskipun memiliki deretan serial orisinal populer seperti Ted Lasso, The Morning Show, Shrinking, dan Severance, Apple TV+ masih tertinggal jauh dari para pesaingnya dalam hal jumlah pelanggan.
Menurut data terbaru: Netflix: 301,63 juta pelanggan, Disney+: 124,6 juta pelanggan, Warner Bros Discovery: 116,9 juta pelanggan, dan Apple TV+ (estimasi): 40,4 juta pelanggan (menurut Visible Alpha).
Meskipun demikian, CEO Apple Tim Cook mengungkapkan dalam laporan keuangan Januari lalu bahwa produksi Apple TV+ telah mengantongi lebih dari 2.500 nominasi dan 538 penghargaan.
Baca Juga: Sertifikat TKDN Terbit, Apple Masih Menanti Sertifikat Postel dari Komdigi
Strategi Bundling Jadi Andalan
Dengan ketatnya persaingan di industri streaming, banyak perusahaan kini menawarkan paket langganan bundling dengan harga lebih terjangkau untuk menarik pelanggan.
Apple TV+ saat ini menjadi bagian dari bundling layanan Comcast, yang menggabungkan Apple TV+, Peacock, dan Netflix dengan harga US$15 per bulan. Jika dibeli secara terpisah, langganan Apple TV+ di AS dihargai US$9,99 per bulan.
Selain itu, Apple juga menggabungkan Apple TV+ dengan layanan lain seperti iCloud, Apple Music, dan Apple Arcade dalam paket Apple One.
Dengan persaingan yang semakin ketat dan meningkatnya strategi bundling oleh para pesaing, Apple harus mencari cara untuk meningkatkan daya tarik Apple TV+ di tengah pasar streaming yang semakin padat.