kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.491.000   3.000   0,20%
  • USD/IDR 15.520   70,00   0,45%
  • IDX 7.649   21,99   0,29%
  • KOMPAS100 1.191   3,68   0,31%
  • LQ45 949   0,60   0,06%
  • ISSI 231   1,38   0,60%
  • IDX30 486   0,61   0,12%
  • IDXHIDIV20 584   0,36   0,06%
  • IDX80 136   0,39   0,29%
  • IDXV30 142   0,69   0,49%
  • IDXQ30 162   0,37   0,23%

AS Tentang Serangan Udara Israel di Beirut


Rabu, 16 Oktober 2024 / 08:47 WIB
AS Tentang Serangan Udara Israel di Beirut
ILUSTRASI. Amerika Serikat, sekutu terdekat Israel, mengatakan pihaknya menentang cakupan serangan udara negara itu di Beirut. REUTERS/Amir Cohen


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON/BEIRUT. Amerika Serikat, sekutu terdekat Israel, pada hari Selasa (15/10/2024) mengatakan pihaknya menentang cakupan serangan udara negara itu di Beirut selama beberapa minggu terakhir di tengah meningkatnya jumlah korban tewas dan kekhawatiran eskalasi yang lebih luas yang melibatkan Iran.

Melansir Reuters, menurut badan pengungsi PBB, perintah evakuasi militer Israel juga memengaruhi lebih dari seperempat Lebanon, dua minggu setelah Israel memulai serangan ke selatan negara itu yang disebut ditujukan untuk memukul mundur Hizbullah.

Beberapa negara Barat telah mendorong gencatan senjata antara kedua negara tetangga, serta di Gaza, meskipun Amerika Serikat mengatakan terus mendukung Israel dan mengirimkan sistem antirudal dan pasukan.

Pada hari Selasa, juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan, AS telah menyampaikan kekhawatirannya kepada pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas serangan baru-baru ini.

"Berkaitan dengan cakupan dan sifat operasi pengeboman yang kami lihat di Beirut selama beberapa minggu terakhir, itu adalah sesuatu yang kami tegaskan kepada pemerintah Israel bahwa kami prihatin dan menentangnya," katanya kepada wartawan, dengan nada yang lebih keras daripada yang diambil Washington sejauh ini.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan kepala Pentagon Lloyd Austin menulis surat kepada pejabat Israel pada hari Minggu menuntut tindakan konkret untuk mengatasi situasi yang memburuk di Gaza dan memberi tahu mereka untuk mengambil tindakan khusus dalam waktu 30 hari.

Baca Juga: PM Lebanon: AS Jamin Israel akan Meredakan Serangannya di Beirut

Israel telah meningkatkan tekanan terhadap Hizbullah sejak negara itu memulai serangan ke Lebanon setelah membunuh para pemimpin dan komandan Hizbullah, termasuk sekretaris jenderal veteran Hassan Nasrallah bulan lalu dalam pukulan terbesar bagi kelompok itu dalam beberapa dekade.

Menurut pernyataan Israel, pada hari Selasa, Netanyahu mengatakan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron selama percakapan telepon bahwa ia menentang gencatan senjata sepihak dan mengatakan ia "terkejut" oleh rencana Macron untuk mengadakan konferensi tentang Lebanon.

"Pengingat bagi Presiden Prancis: Bukan keputusan PBB yang mendirikan Negara Israel, tetapi kemenangan yang diraih dalam Perang Kemerdekaan..," kata kantor Netanyahu dalam pernyataan terpisah.

Istana Elysee tidak segera menanggapi permintaan komentar. Keduanya sebelumnya pernah berselisih, termasuk atas seruan Macron untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel.

Dengan upaya diplomatik yang terhenti, pertempuran terus berlanjut.

Serangan Israel telah menewaskan sedikitnya 2.350 orang selama tahun lalu dan menyebabkan hampir 11.000 orang terluka, menurut kementerian kesehatan Lebanon, dan lebih dari 1,2 juta orang telah mengungsi.

Jumlah korban tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan tetapi mencakup ratusan wanita dan anak-anak.

Baca Juga: Kompak Kritik Amerika, Rusia dan China Memperkuat Hubungan Militer

Sementara, menurut Israel, kementerian kesehatan mengatakan 41 orang tewas dan 124 orang terluka pada hari Senin. Sekitar 50 warga Israel, baik tentara maupun warga sipil, telah tewas sejak pertempuran dimulai.

Angka-angka tersebut menggarisbawahi harga mahal yang harus dibayar warga Lebanon saat Israel mencoba menghancurkan infrastruktur kelompok militan yang didukung Iran dalam konflik mereka, yang dimulai kembali setahun lalu ketika Israel mulai menembakkan roket ke Israel untuk mendukung Hamas pada awal perang Gaza.

Selanjutnya: Berapa Lama Cat Dinding Perlu Waktu untuk Benar-Benar Kering ya

Menarik Dibaca: Berapa Lama Cat Dinding Perlu Waktu untuk Benar-Benar Kering ya




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×