Baby Yingliang, Fosil Embrio Dinosaurus Terbaik yang Pernah Ditemukan

Rabu, 22 Desember 2021 | 23:15 WIB Sumber: Channel News Asia
Baby Yingliang, Fosil Embrio Dinosaurus Terbaik yang Pernah Ditemukan


KONTAN.CO.ID - Para ilmuwan mengumumkan penemuan embrio dinosaurus yang diawetkan secara lami dengan indah setidaknya dari 66 juta tahun yang lalu, yang sedang bersiap untuk menetas dari telurnya seperti ayam.

Fosil itu ditemukan di Ganzhou, China Selatan, dan milik dinosaurus theropoda ompong atau oviraptorosaur, yang oleh para peneliti dijuluki Baby Yingliang.

"Ini adalah salah satu embrio dinosaurus terbaik yang pernah ditemukan dalam sejarah," kata peneliti Universitas Birmingham Fion Waisum Ma, yang ikut menulis makalah di jurnal iScience, kepada AFP, Selasa (21/12), seperti dilansir Channel News Asia.

Ma dan rekannya menemukan kepala Bayi Yingliang tergeletak di bawah tubuhnya, dengan kaki di kedua sisi dan punggung melengkung–postur yang sebelumnya tidak terlihat pada dinosaurus, tetapi mirip dengan burung modern.

Baca Juga: Yuk, Kenali Reptil Tuatara! Ini Reptil Tertua Sejak Era Dinosaurus

Pada burung, perilaku dikendalikan oleh sistem saraf pusat dan disebut "menyelipkan". Anak ayam yang bersiap menetas menyelipkan kepala mereka di bawah sayap kanan untuk menstabilkan kepala saat mereka memecahkan cangkang dengan paruhnya.

Salah satu fosil dinosaurus terindah 

Embrio yang gagal menetas memiliki peluang lebih tinggi untuk mati setelah penetasan yang gagal.

"Ini menunjukkan perilaku seperti itu pada burung modern pertama kali berevolusi dan berasal dari nenek moyang dinosaurus mereka," kata Ma.

Alternatif untuk menyelipkan mungkin sesuatu yang lebih dekat dengan apa yang terlihat pada buaya modern, yang mengambil posisi duduk dengan kepala menekuk di dada hingga menetas.

Baca Juga: Unik! Anak-anak bisa berenang sambil mengenal jenis dinosaurus di Jembar Waterpark

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru