kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.409.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.435   -30,00   -0,19%
  • IDX 7.798   37,20   0,48%
  • KOMPAS100 1.185   9,64   0,82%
  • LQ45 958   6,85   0,72%
  • ISSI 226   2,67   1,19%
  • IDX30 488   3,53   0,73%
  • IDXHIDIV20 589   4,06   0,69%
  • IDX80 134   1,16   0,87%
  • IDXV30 140   2,67   1,94%
  • IDXQ30 163   1,24   0,77%

Bakal Buka Pabrik, BYD Tengah Mengincar Insentif Paling Menguntungkan dari Meksiko


Jumat, 23 Agustus 2024 / 17:38 WIB
Bakal Buka Pabrik, BYD Tengah Mengincar Insentif Paling Menguntungkan dari Meksiko
ILUSTRASI. BYD tengah mengincar insentif paling menguntungkan dari Meksiko terkait rencan pembukaan pabrik baru.


Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Pembuat kendaraan listrik Tiongkok BYD telah mempersempit daftar finalisnya untuk lokasi pabrik manufaktur di Meksiko menjadi tiga negara bagian dan sedang meninjau berbagai insentif yang diusulkan dari mereka, kata kepala Jorge Vallejo, direktur jenderal BYD Meksiko.

Jorge Vallejo, mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan sedang meninjau proposal terbaru dari negara-negara kandidat, yang telah menawarkan "banyak manfaat" termasuk insentif fiskal, lahan, manajemen, dan harga istimewa.

"Pabrik tidak hanya tentang memiliki ruang, tetapi juga logistik, semua pengembangan, infrastruktur perkotaan yang dihasilkan, air, gas, semua yang dibutuhkan untuk pabrik otomotif," katanya.

"Ada banyak elemen, bahkan logistik, yang sedang kami analisis bersama mereka," katanya, seraya menambahkan bahwa tujuannya tetap untuk mengidentifikasi lokasi pada akhir tahun.

Baca Juga: Tidak Tepat Waktu dan Terlalu Mahal, Ryanair Tidak Berminat Beli Saham ITA Airways

Pemerintah federal Meksiko, di bawah tekanan dari Amerika Serikar, menjaga jarak dengan produsen mobil China dengan menolak menawarkan insentif seperti lahan publik berbiaya rendah atau pemotongan pajak untuk investasi dalam produksi kendaraan listrik, berdasarkan laporan Reuters bulan April, mengutip pejabat Meksiko.

Vallejo tidak menyebutkan nama negara bagian yang menawarkan insentif, meskipun Kepala BYD untuk Amerika Stella Li mengatakan pada bulan Mei bahwa pabrik tersebut akan berlokasi di pusat negara tersebut.

Negara bagian Nuevo Leon di Meksiko utara merupakan pusat otomotif, dan lokasi pabrik raksasa Tesla yang diusulkan. Pabrik itu juga akan menjadi lokasi pabrik Volvo baru, kata gubernur negara bagian minggu ini.

Sementara itu, negara bagian Puebla di bagian tengah telah lama menjadi tempat produksi Volkswagen, dan BMW membuat EV di dekat San Luis Potosi.

Vallejo, yang berbicara setelah peluncuran SUV hibrida plug-in Song Pro BYD di Meksiko, mengatakan bahwa perusahaan itu belum mengidentifikasi model mana yang akan diproduksi di pabrik Meksiko.

Pabrik itu akan memproduksi 150.000 unit pada tahap pertama dan 150.000 unit lagi pada tahap kedua sebelum akhirnya memproduksi antara 400.000 dan 500.000 unit dalam beberapa tahun lagi, kata Vallejo.

Pabrik itu akan melayani pasar Meksiko, tegasnya. Perusahaan itu sebelumnya mengatakan tidak mengincar pasar Amerika Serikat.

“Para eksekutif BYD berharap dapat bertemu dengan tim Presiden terpilih Meksiko Claudia Sheinbaum dan kementerian ekonomi dalam beberapa hari mendatang untuk berbagi rencana pembangunan pabrik”, kata Vallejo.

Perusahaan akan secara khusus menyajikan skema manufaktur dan pemasaran, dan juga menunjukkan apa yang dapat dikembangkan BYD di tingkat nasional," kata Vallejo.

Secara terpisah, produsen mobil Prancis-Italia Stellantis memulai produksi kendaraan listrik di pabriknya di Negara Bagian Meksiko pada hari Selasa, menurut sebuah posting di X oleh kementerian ekonomi Meksiko.

Menteri Ekonomi Raquel Buenrostro, yang mengunjungi pabrik tersebut untuk acara tersebut, meminta perusahaan global "untuk terus bekerja sama dan terus memperkuat rantai pasokan," kata kementerian tersebut.

Baca Juga: China Terbitkan Pedoman Perdagangan Energi Ramah Lingkungan




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

[X]
×