kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bankir di China makin khawatir perang finansial dengan Amerika bakal segera pecah


Minggu, 16 Agustus 2020 / 13:46 WIB
Bankir di China makin khawatir perang finansial dengan Amerika bakal segera pecah
ILUSTRASI. Warga China di depan kantor ICBC. Bankir di China makin khawatir adanya perang finansial dengan Amerika Serikat lewat sanksi yang diberikan. REUTERS/Jason Lee/File Photo


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pembicaraan tentang kemungkinan sanksi keuangan AS terhadap China telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir di antara kalangan bankir dan peneliti di Beijing karena risikonya kini tidak lagi dapat diabaikan.

Sementara sebagian otoritas keuangan di China termasuk bank sentral tetap diam atas kemungkinan perang keuangan dengan Amerika Serikat, bank-bank milik negara China yang dapat menjadi kelompok lembaga pertama yang merasakan panasnya permusuhan AS di bidang keuangan, telah mengintensifkan diskusi mereka tentang cara mengatasi risiko tersebut.

Baca Juga: Regulator: China harus mewaspadai bangkitnya shadow banking

Divisi riset Industrial and Commercial Bank of China (ICBC), bank terbesar di dunia dalam hal aset, mengadakan simposium pada 31 Juli lalu dan mengundang para peneliti China untuk membahas "risiko dan solusi untuk teknologi dan sanksi keuangan".

“Teknologi dan keuangan telah menjadi dua alat penting bagi AS untuk menekan China. Kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan penahanannya,” kata Zhou Yueqiu, kepala ekonom ICBC pada diskusi tersebut. 

Pembicara lain pada simposium tersebut berasal dari institusi seperti Chinese Academy of Social Sciences, Development Research Center of the State Council, dan Tsinghua University. Versi pidato yang diedit diterbitkan oleh divisi penelitian ICBC minggu lalu.

Sun Jie, seorang peneliti dari Akademi Ilmu Sosial Tiongkok, mengatakan pada simposium itu bahwa AS dapat menggunakan sejumlah tindakan untuk menimbulkan rasa sakit di China, termasuk membatasi atau melarang perjalanan individu tertentu, tidak termasuk entitas bisnis Tiongkok dari rantai nilai global, memberlakukan embargo perdagangan atau bahkan menyita aset luar negeri.

Baca Juga: Trump akan pertimbangkan untuk melarang Alibaba di Amerika Serikat

Ju Jiandong, seorang profesor ekonomi di Universitas Tsinghua, mengatakan bahwa sangat mungkin bagi AS untuk menempatkan "blok keuangan yang ditargetkan" pada industri tertentu, lembaga utama dan individu tertentu dengan pembayaran lintas batas dari sistem pembayaran dolar. 

Bank of China, yang merupakan penerbit uang kertas di Hong Kong dan anggota Clearing House Interbank Payments System (Chips) yang berbasis di New York, juga telah meningkatkan kewaspadaan. 




TERBARU

[X]
×