kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Barat Peringatkan Momen Berbahaya, Rusia Malah Adakan Latihan Perang di Belarus


Jumat, 11 Februari 2022 / 14:54 WIB
Barat Peringatkan Momen Berbahaya, Rusia Malah Adakan Latihan Perang di Belarus


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BRUSSELS/MOSKOW. Inggris mengatakan pada Kamis bahwa momen paling berbahaya atas buntunya perundingan Barat dengan Moskow tampaknya sudah dekat, ketika Rusia mengadakan latihan militer di Belarus dan Laut Hitam menyusul penumpukan pasukannya di dekat Ukraina.

Ukraina juga menggelar latihan perang dan Amerika Serikat mendesak orang Amerika di negara itu untuk segera pergi karena meningkatnya ancaman aksi militer Rusia. 

Namun para pemimpin di semua pihak mengisyaratkan bahwa mereka berharap diplomasi masih bisa menang dalam apa yang disebut Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebagai krisis keamanan terbesar di Eropa selama beberapa dekade.

Melansir Reuters, Jumat (11/2), dalam putaran baru pembicaraan, menteri luar negeri Inggris berdebat secara terbuka dengan mitranya dari Rusia di Moskow, Johnson mengunjungi markas NATO di Brussel dan pemimpin Jerman bertemu dengan rekan-rekan negara Baltiknya di Berlin, di mana para pejabat dari Rusia, Ukraina, Jerman dan Prancis juga mengadakan diskusi.

Baca Juga: Joe Biden Meminta Seluruh Warga AS untuk Meninggalkan Ukraina

Rusia, yang memiliki lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, membantah tuduhan Barat bahwa mereka mungkin berencana untuk menyerang bekas tetangga Sovietnya, meskipun mengatakan pihaknya dapat mengambil tindakan teknis militer yang tidak ditentukan kecuali tuntutan dipenuhi.

"Sejujurnya saya tidak berpikir keputusan telah diambil" oleh Moskow tentang apakah akan menyerang, Johnson mengatakan pada konferensi pers dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. "Tapi itu tidak berarti bahwa tidak mungkin sesuatu yang benar-benar bencana bisa terjadi dalam waktu dekat."

"Ini mungkin momen paling berbahaya, menurut saya, dalam beberapa hari ke depan, dalam krisis keamanan terbesar yang dihadapi Eropa selama beberapa dekade."

Jalan ke depan adalah diplomasi, Johnson kemudian mengatakan kepada wartawan di Polandia.

Baca Juga: Uni Eropa Menuding Rusia Sedang Berusaha Memecah Belah Eropa




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×