Barcelona Memperkirakan Laba pada Musim Ini Mencapai € 274 juta

Selasa, 20 September 2022 | 13:36 WIB   Reporter: Handoyo
Barcelona Memperkirakan Laba pada Musim Ini Mencapai € 274 juta

ILUSTRASI. Barcelona menempati urutan kedua dalam daftar penilaian tim sepak bola Forbes dengan nilai saat ini sebesar US$ 5 miliar. REUTERS/Albert Gea

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Barcelona mengatakan pihaknya mencatat laba €98 juta (US$ 98,27 juta) untuk tahun keuangan 2021-2022 dan memperkirakan laba €274 juta untuk musim ini.

Barcelona menempati urutan kedua dalam daftar penilaian tim sepak bola versi Forbes dengan nilai saat ini sebesar US$ 5 miliar, di belakang rival Real Madrid, yang bernilai US$ 5,1 miliar.

Klub mengatakan pada hari Senin (19 September) dewan direksi mereka menutup tahun keuangan dengan omset € 1,017 miliar dan menyetujui anggaran pendapatan operasional sebesar € 1,255 miliar untuk musim ini.

Baca Juga: Bali Kalahkan Barcelona dan Dubai, Jadi Destinasi Liburan Paling Bahagia Dunia

Awal bulan ini, LaLiga menaikkan batas pengeluaran Barcelona sebesar €800 juta, membawa klub keluar dari defisit pengeluaran setelah pihak Catalan menjual sejumlah aset untuk memperbaiki keuangan mereka.

Untuk mengimbangi kerugian dan mematuhi aturan fair play keuangan LaLiga, Barcelona menjual 25 persen hak siar televisi domestik mereka kepada perusahaan investasi AS Sixth Street selama 25 tahun ke depan dalam dua kesepakatan senilai lebih dari €500 juta.

Klub mengumpulkan tambahan €200 juta dari penjualan total 49 persen saham di Barca Studios dalam dua transaksi terpisah, sementara juga menandatangani kesepakatan sponsor jangka panjang dengan raksasa streaming Spotify pada bulan Maret.

Baca Juga: Barcelona Menjual Lagi Saham di Studio Audiovisual ke Orpheus Media

Itu memungkinkan Barcelona menghabiskan lebih dari €150 juta pada penutupan musim untuk Robert Lewandowski, Raphinha dan Jules Kounde, sementara Andreas Christensen, Franck Kessie, Hector Bellerin dan Marcos Alonso semuanya tiba dengan status bebas transfer.

Barcelona berada di urutan kedua di LaLiga dengan 16 poin setelah enam pertandingan, dua poin di belakang Real.

Editor: Handoyo .

Terbaru