Beijing Diisukan Mundur dari Rencana Pertemuan Biden dan Xi pada KTT G20 Bali

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 09:43 WIB Sumber: Politico
Beijing Diisukan Mundur dari Rencana Pertemuan Biden dan Xi pada KTT G20 Bali

Presiden AS Joe Biden berbicara secara virtual dengan pemimpin China Xi Jinping dari Gedung Putih di Washington, AS 15 November 2021. Beijing Diisukan Mundur dari Rencana Pertemuan Biden dan Xi pada KTT G20 Bali.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rencana pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk mendorong pertemuan Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela pertemuan G-20 di Bali pada November mendatang terancam tak jadi kenyataan. 

Pasalnya sejumlah pejabat China mencoba mencegah terjadinya pertemuan Biden dan Xi karena perilaku AS akhir-akhir ini terhadap China.

Mulai dari kasus Taiwan di mana secara terang-terangan menyatakan kesiapannya membantu pulau demokrasi tersebut jika diserang Taiwan, hingga kontrol ekspor semikonduktor yang diperlukan untuk sistem senjata generasi berikut.

Seorang China mengatakan bagaimana pertemuan tersebut bisa disusun bila AS menyerang China setiap hari. Sulit bagi China mengharapkan adanya hal positif dari pertemuan Biden dan Xi.

Baca Juga: Khawatir Perang di Masa Jabatan Ketiga Xi Jinping, Ini yang Dilakukan Taiwan

“Jika mereka tidak dapat memperoleh hasil yang positif, pandangan mereka adalah ‘haruskah kita mengadakan pertemuan?'” kata orang tersebut kepada Politico. 

Kedutaan China tidak menanggapi permintaan komentar soal kasus ini. Sementara Gedung Putih membantah ada masalah dalam merundingkan pertemuan Biden-Xi yang direncanakan.

"Cerita ini 100% salah," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Adrienne Watson, dalam email. 

“Kami sudah mengatakan kedua presiden menugaskan tim mereka untuk melihat pertemuan. Saya tidak akan melampaui itu meskipun dalam hal waktu dan lokasi seperti sekarang,” tambahnya.

Persiapan untuk kemungkinan pertemuan Biden-Xi dimulai beberapa bulan lalu. Gedung Putih mengumumkan pada bulan Juli setelah panggilan terakhir Biden dengan Xi bahwa kedua belah pihak telah menyetujui “nilai pertemuan tatap muka” dan akan menentukan “waktu yang disepakati bersama untuk melakukannya.” 

Baca Juga: Biden ke Xi Jinping: Kesalahan Besar jika China Melanggar Sanksi Barat terhadap Rusia

Kemenlu China mengirim delegasi ke Indonesia pada Agustus untuk mempersiapkan pertemuan di sela-sela G-20 di Bali.

Tetapi tinggal satu bulan lagi sampai pertemuan G-20 dibuka di Bali, ketidakpastian tentang apakah Biden akan mendapatkan pertemuan empat mata dengan Xi menjadi penghalang diplomatik. 

“Itu masih belum dikonfirmasi,” kata seorang diplomat yang berbasis di Washington yang mengetahui rencana acara tersebut. Diplomat itu diberikan anonimitas karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru