kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,91   -17,61   -1.88%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berambisi menciptakan London baru (3)


Jumat, 12 Januari 2018 / 15:20 WIB
Berambisi menciptakan London baru (3)
ILUSTRASI. FENOMENA - John Whittaker


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Tak puas dengan bisnis properti, infrastruktur dan konstruksi, Peel Group juga melebarkan sayap bisnisnya ke sektor lain. Perusahaan milik miliarder John Whittaker tersebut juga merambah bisnis energi. Berbagai proyek energi digarap perusahaan ini. Tentu saja, ini bermitra dengan perusahaan energi lain. Salah satunya proyek pengeboran gas di Dermaga Salford. John juga masih memiliki ambisi menjadikan wilayah utara Inggris menandingi kebesaran London.

Miliarder dan pemilik Peel Group, John Whittaker memiliki ambisi besar. Ia ingin wilayah utara Inggris menyamai kebesaran Ibukota Inggris, London.

Makanya, ia getol membangun proyek di wilayah utara Inggris seperti di Manchester dan Liverpool. Ia juga memaksimalkan potensi daerah aliran sungai di Inggris dengan membuka kawasan komersial mixed-use, untuk tempat tinggal dan perkantoran.

Upayanya mulai membuahkan hasil. Semua orang di Inggris tahu betapa Trafford Centre, pusat perbelanjaan yang dibangun John, kini menjadi salah satu pusat perhatian turis. Sekalipun kepemilikan Trafford Centre sudah beralih ke Intu Properties, tetap saja pusat belanja terbesar kedua di Inggris itu merupakan bentuk perubahan besar dari konsep mal yang tidak akan terlepas dari pengaruh John.

Pusat perbelanjaan ini menganut arsitektur post-modern. Tatapan pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pernak-pernik dan karya seni cantik yang menghiasi di tiap sudut mal.

Ikon lain yang ia bangun adalah MediaCity UK, di Salford. Kantor berita BBC bermarkas di kompleks MediaCity UK ini.

Belum selesai sampai di situ, John juga tengah menyiapkan proyek jangka panjang yang akan selesai dalam lima dekade. Mega proyek tersebut bertajuk  “Ocean Gateway”. Sekarang, Peel Group sudah membenamkan investasi senilai £ 5 miliar untuk proyek tersebut. Diperkirakan, Ocean Gateway akan memakan total biaya £ 50 miliar.

John yakin, mega proyek itu akan menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya yakni koneksi strategis dua kota Manchester dengan Liverpool.




TERBARU

[X]
×