kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkshire mencaplok Duracell US$ 4,7 miliar


Sabtu, 15 November 2014 / 08:26 WIB
Berkshire mencaplok Duracell US$ 4,7 miliar
ILUSTRASI. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

OMAHA. Berkshire Hathaway Inc sepakat membeli unit bisnis baterai Procter & Gamble Co. Perusahaan investasi milik Warren Buffet ini akan membeli Duracell dengan skema penukaran saham. Berkshire akan mengembalikan seluruh saham P&G yang dimilikinya sejak 2008 senilai US$ 4,7 miliar untuk membayar akuisisi itu.

Dengan skema ini, Berkshire bisa mengurangi pajak yang harus dibayar atas transaksi tersebut. Sebagai bagian dari transaksi kedua pihak, P&G akan menyuntikkan dana US$ 1,71 miliar ke Duracell. "Saya selalu terkesan pada Duracell, baik sebagai konsumen ataupun sebagai investor jangka panjang di P&G dan Gillette," kata Buffett dalam pernyataannya yang dikutip BBC.

Andrew Kilpatrick, penulis biografi Buffett mengatakan, ini merupakan kesepakatan transaksi finansial yang brilian. "Buffet mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan," katanya, seperti dikutip Bloomberg.

Tapi, tak semua pengamat menilai aksi Buffet tersebut menguntungkan. "Saya melihat penukaran saham ini bukan yang bagus untuk Buffett," kata Ali Dibadj, analis Sanford C Bernstein & Co. Jika dihitung, Duracell menyumbang 2,9% dari total penjualan P&G. Tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan Duracell hanya 1%. Angka ini sangat tipis jika dibandingkan dengan pertumbuhan 7% produk popok Pampers sebesar 7% dan sampo Pantene 5%.

Di sisi lain, P&G mengumumkan rencana penjualan Duracell bulan lalu. Ini merupakan upaya P&G merampingkan perusahaan, memotong biaya dan melepas bisnis non-inti. Sebelumnya, P&G menjual bisnis makanan hewan dan akan menghentikan produksi 100 merek dengan pertumbuhan penjualan sangat lambat.

Menghemat pajak

Dengan skema penukaran saham ini, Buffett menghindari pajak capital gain yang harus dibayar jika dia menjual saham P&G di pasar. Bloomberg menghitung, dengan pajak capital gain 35%, Berkshire menghemat pembayaran pajak hingga US$ 1 miliar. Di sisi lain, P&G pun bisa menghemat biaya pajak penjualan. "Memangkas pajak capital gain 35% menyebabkan Berkshire bisa membeli dengan harga yang lebih atraktif," kata Richard Cook, salah seorang pendiri Cook & Bynum Capital Management.

Cook menambahkan, bila transaksi dilakukan secara tunai, kemungkinan Berkshire tidak akan mengajukan akuisisi. P&G bahkan menggaet penasihat hukum untuk melihat aspek pajak transaksi ini. Skema tukar guling ini sudah tiga kali dilakukan Berkshire di tahun ini.

Februari lalu, Buffett menukar saham Phillips untuk membeli perusahaan jaringan pipa. Buffett juga menukar saham Graham Holdings Co untuk membeli stasiun televisi Miami dan saham Berkhsire yang digenggam Graham plus uang tunai. "Setiap transaksi merupakan reorganisasi bebas pajak menurut aturan Internal Revenue Code," kata Berkshire dalam laporan ke otoritas bursa Amerika Serikat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×