kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bersama sang suami membangun bisnis transportasi (1)


Selasa, 17 Juli 2018 / 13:10 WIB
Bersama sang suami membangun bisnis transportasi (1)
ILUSTRASI. FENOMENA - Johnelle Hunt


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Membesarkan bisnis transportasi dari nol hingga menjadi perusahaan logistik terintegrasi adalah pencapaian Johnelle Hunt bersama sang suami Johnnie B Hunt. Sejak awal setelah menikah, mereka membangun bisnis penyewaan truk hingga berkembang menjadi perusahaan logistik besar di Amerika Utara lewat merek JB Hunt Transport. Lewat bisnis ini Johnelle berhasil masuk menjadi lima wanita terkaya di AS dengan kekayaan US$ 3,3 miliar versi Forbes.

Menjadi istri dari seorang pengusaha membentuk seorang Johnelle Hunt menjadi seorang pebisnis andal di bidang transportasi dan logistik. Berawal dari pernikahannya dengan Johnnie B Hunt yang ia kenal di bangku sekolah, wanita asal Arkansas, Amerika Serikat (AS) ini lambat laun belajar untuk mengurus perusahaan.

Awalnya Johnelle hanya membantu sang suami yang baru memulai bisnis di tahun 1969 untuk kegiatan surat-menyurat, mengurus bon dan mengurus dokumen. Namun siapa sangka, perusahaan yang dirintis sang suami yakni JB Hunt Transport berkembang pesat dari hanya memiliki lima truk dan tujuh trailer menjadi salah satu penyedia logistik terbesar di Amerika Utara.

Johnelle merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan J.B. Hunt Transport. Saat ini JB Hunt merupakan perusahaan yang mencetak pendapatan bernilai miliaran dollar AS.

Johnelle masuk dalam daftar lima besar wanita terkaya di AS dengan kekayaan US$ 3,3 miliar versi Majalah Forbes. Mayoritas kekayaan Johnelle berasal dari kepemilikan saham di JB Hunt Transport Enterprise.

Johnelle bersama sang suami, awalnya, membangun perusahaan transportasi ini untuk mendukung bisnis penggilingan padi yang didirikan sang suami sebelumnya. Lewat kerja keras dan tekad kuat untuk bisa mengembangkan bisnis truk, JB Hunt berhasil mencatat pendapatan sebesar US$ 63 juta di tahun 1980-an.

Pada saat yang sama, Johnelle dan suaminya telah mengoperasikan armada berkali lipat dibandingkan awal berdiri. Total armada JB Hunt pada tahun 1980-an telah berkembang menjadi sebanyak 550 traktor, 1.049 trailer dan memiliki 1.050 pegawai.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×