kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biden: Tak ada yang bisa hentikan transfer kekuasaan di AS


Rabu, 11 November 2020 / 04:58 WIB
Biden: Tak ada yang bisa hentikan transfer kekuasaan di AS
ILUSTRASI. Joe Biden mengatakan pada hari Selasa (10/11/2020) bahwa tidak ada yang akan menghentikan transfer kekuasaan di pemerintahan AS REUTERS/Jonathan Ernst


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WILMINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden mengatakan pada hari Selasa (10/11/2020) bahwa tidak ada yang akan menghentikan transfer kekuasaan di pemerintah AS, meski ada tudingan tanpa bukti dari Presiden Donald Trump bahwa pemilihan minggu lalu diwarnai oleh penipuan.

Reuters memberitakan, Biden tersenyum ketika ditanya tentang pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang memprediksi pemerintahan Trump kedua, ketika para pemimpin dunia termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memberikan ucapan selamat kepada Demokrat dan berjanji untuk bekerja sama.

Biden mendapatkan lebih dari 270 suara di Electoral College yang dia butuhkan untuk mengambil alih kursi kepresidenan dengan memenangkan Pennsylvania pada hari Sabtu setelah empat hari penghitungan yang menegangkan, yang ditunda oleh melonjaknya surat suara karena pandemi virus corona.

Trump telah membuat klaim tak berdasar bahwa penipuan merusak hasil pemilu. Jaksa Agung William Barr dan Pemimpin Mayoritas Partai Republik di Senat Mitch McConnell telah mengisyaratkan bahwa mereka mendukung hak Trump untuk meluncurkan gugatan hukum atas hasil tersebut di beberapa negara bagian medan pertempuran seperti Pennsylvania.

Baca Juga: Trump menentang, transisi kepresidenan berubah jadi keributan

Biden mengatakan dalam pidatonya di Delaware bahwa timnya sedang mendorong pembentukan pemerintahan baru untuk pengambil alihan kekuasaan pada Hari Pelantikan AS, 20 Januari 2021, apa pun yang terjadi.

"Kami akan pergi, bergerak bersama, secara konsisten, menyusun administrasi kami, Gedung Putih, dan meninjau siapa yang akan kami pilih untuk posisi Kabinet, dan tidak ada yang akan menghentikan itu," katanya . 

Biden mengatakan hal yang sangat "memalukan" bahwa Trump tidak mengakui hasil pemilihan.

Baca Juga: Trump pastikan tempuh jalur hukum pasca Jaksa Agung setuju penyelidikan pemilu

Pompeo, yang merupakan loyalis Trump, mengatakan pada konferensi pers di Departemen Luar Negeri pada hari Selasa bahwa setiap suara "sah" dihitung, hal itu akan mengarah pada "pemerintahan Trump kedua."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×