kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bisnis bitcoin anjlok, Zhan tetap bertekad membesarkan bitmain (3)


Minggu, 11 Agustus 2019 / 04:25 WIB
Bisnis bitcoin anjlok, Zhan tetap bertekad membesarkan bitmain (3)
ILUSTRASI.

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Tri Adi

Micree Zhan tetap bertekad mengembangkan Bitmain. Walau bisnisnya jatuh drastis seiring kejatuhan nilai mata uang kripto, tak menyebabkan Zhan kapok. Ia masih ingin mengembangkan Bitmain dengan meluncurkan terus produk cip. Meski dikabarkan Zhan sudah tak sejalan lagi dengan rekannya Jihan Wu. Zhan menambah 100.000 mesin penambang Bitcoin untuk bisa mengembangkan bisnis Bitmain. Ia bertekad mengembalikan masa kejayaannya dulu.

Bisnis Micree Zhan bersama dengan perusahaan penambang Bitcoin, Bitmain Technologies Ltd sedang mengalami ujian berat. Pasca-menderita kerugian karena anjloknya harga mata uang kripto pada tahun 2018 lalu, Zhan tetap fokus mengembangkan bisnis Bitmain.

Mata dunia sempat tertuju karena pencapaian Bitmain yang membuat Zhan bisa menjadi miliarder. Namun apa mau dikata, selain harga mata uang kripto yang jatuh, rencana melantai di bursa Hong Kong harus sirna.

Otoritas Bursa Hong Kong tampaknya masih khawatir dengan bisnis Bitmain yang mengandalkan penambangan mata uang kripto. Selepas gagal melantai di bursa, berbagai media menyebutkan, hubungan Zhan dengan pendiri Bitmain lain, yakni Jihan Wu mulai retak.

Meski tidak ada pernyataan resmi dari kedua orang ini, baik Zhan dan Jihan memang terlihat sudah tidak sejalan lagi. Hal ini bisa terlihat dari langkah Zhan dan rekannya itu.

Jihan dikabarkan meluncurkan startup Bitcoin terbaru bernama Matrix. Walaupun media di China menyebut Matrix tetap berkaitan dengan Bitmain.

Sedangkan Zhan masih terlihat fokus di Bitmain. Zhan memulai bisnis Bitmain lagi. Ia menambah 100.000 mesin penambangan Bitcoin di Bitmain. Langkah ini untuk menggenjot kas Bitmain yang kemarin sempat anjlok.

Bitmain yang merupakan pengembang cip sirkuit khusus aplikasi yang berguna untuk proses tambang Bitcoin ini bertekad mengulang sukses perusahaannya.

Bitmain berhasil menciptakan empat generasi chip artificial intelegent (AI) berbasis cloud. Bitmain sempat tumbuh sebagai perusahaan multinasional semikonduktor yang besar. Kemampuan Bitmain dalam mendesain cip canggih sudah tidak diragukan lagi.




TERBARU

×