kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blackstone beli perusahaan IT India US$ 1,1 miliar


Selasa, 05 April 2016 / 06:23 WIB
Blackstone beli perusahaan IT India US$ 1,1 miliar


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Blackstone Group LP mengukuhkan diri sebagai perusahaan investasi dengan sepak terjang agresif. Meski ekonomi global masih penuh ketidakpastian, Blackstone terus membeli aset.

Terbaru, Blackstone membeli perusahaan penyedia layanan IT asal India, MphasiS Ltd senilai US$ 1,1 miliar. Perusahaan investasi terbesar di dunia ini mencaplok saham MphasiS dari tangan Hewlett Packard Enterprise Co.

Akuisisi Blackstone ini mencetak rekor sebagai nilai akuisisi tertinggi di India. Blackstone membeli MphasiS dengan asumsi prospek cerah bisnis outsource IT di masa depan.

Proyeksi Blackstone, perusahaan dunia bakal menghemat ongkos dengan cara menggunakan jasa IT dari negara berkembang semisal India. Akuisisi MphasiS merupakan lanjutan dari aksi Blackstone membeli produsen piranti lunak India, IBS Software senilai US$ 170 juta pada Desember 2015.

"Blackstone akan membeli sedikitnya 84% saham HP Enterprise di MphasiS," tulis manajemen Blackstone, seperti dikutip Reuters, Senin (4/4).

Mengacu aturan main bursa India, Blackstone wajib menggelar penawaran saham (tender offer) untuk membeli 26% saham MPhasis dari pemegang saham publik seharga 457,54 rupee per saham. Harga tender offer ini lebih tinggi ketimbang harga akuisisi yang sebesar 430 rupee.

Sumber Reuters berbisik, Blackstone merupakan penawar pertama dalam proses akuisisi yang digelar HP Enterprise. "HP Enterprise menjual MPhasis untuk memperkuat modal," ujar sumber itu.

Prospek kinclong perusahaan jasa IT di India kian menarik minat investor global. Sebelum Blackstone, ada perusahaan investasi asal Singapura, GIC Pte yang berkongsi dengan private equity Advent International dan Bain Capital untuk membeli QuEST Global Services.

Konsorsium itu membeli QuEST seharga US$ 350 juta. Pekan lalu, perusahaan IT India lain, Geometric Ltd, diakuisisi HCL Technologies Ltd seharga 12,37 miliar rupee. Blackstone dipastikan akan terus menggelontorkan dana jumbo untuk membeli aset.

Pasalnya, Blackstone baru saja mendapatkan dana segar dari penjualan saham di Strategic Hotels & Resorts Inc ke tangan Anbang Insurance senilai US$ 6,5 miliar.




TERBARU

[X]
×