kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BMW Korea diganjar denda US$ 13 juta akibat pemalsuan dokumen emisi


Jumat, 11 Januari 2019 / 10:10 WIB
BMW Korea diganjar denda US$ 13 juta akibat pemalsuan dokumen emisi


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Produsen mobil BMW lagi-lagi berurusan dengan hukum di Korea Selatan. Pengadilan negara tersebut menjatuhkan denda sebesar 14,5 miliar won atau sekitar USUS $ 13 juta pada anak perusahaan BMW di Korea Selatan.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, denda tersebut dijatuhkan setelah BMW dinyatakan bersalah karena telah memalsukan dokumen emisi untuk ribuan kendaraan.

Pengadilan Pusat Distrik Seoul menemukan bahwa perusahaan asal Jerman tersebut telah memalsukan hasil uji emisi untuk sekitar 29.000 mobil yang diimpor sejak 2011. Selain itu tiga pejabat BMW Korea juga telah dihukum antara delapan dan sepuluh bulan penjara karena keterlibatan mereka dalam penipuan.

"BMW Korea terobsesi untuk memaksimalkan keuntungan tanpa memperhatikan hukum dan peraturan", kata pengadilan dalam sebuah pernyataan.

Hukuman ini bukanlah yang pertama. BMW Korea juga menghadapi gugatan class action dari puluhan konsumen yang mesin mobilnya terbakar tahun lalu. Perusahaan itu didenda 11,2 miliar won atau setara US$ 10 juta pada 2018 karena gagal untuk memberi peringatan kepada konsumen atas penemuan kerusakan mesin mobil.

Ada lebih dari 40 kasus kebakaran mesin yang melibatkan BMW tahun lalu di negara tersebut. Beberapa penyedia parkir pun mulai menolak mobil-mobil BMW karena khawatir bisa menyebabkan kebakaran.

Lebih dari 170.000 kendaraan akhirnya ditarik kembali di Korea Selatan karena kesalahan pendingin resirkulasi gas buang dituding sebagai penyebab kebakaran.

Pada bulan Agustus tahun lalu, BMW mengumumkan penarikan 480.000 mobil yang terkena masalah yang sama di pasar Eropa dan beberapa negara Asia. Dua bulan kemudian, penarikan ini diperluas hingga mencapai lebih dari satu juta mobil.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×