kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Boris Johnson Terbang ke Inggris, Bersiap Kembali Merebut Jabatan Perdana Menteri


Sabtu, 22 Oktober 2022 / 14:20 WIB
Boris Johnson Terbang ke Inggris, Bersiap Kembali Merebut Jabatan Perdana Menteri


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - LONDON. Boris Johnson terbang kembali ke Inggris dan mempertimbangkan upaya untuk memenangkan masa jabatan kedua sebagai perdana menteri. Beberapa rekannya memperingatkan kembalinya Johnson dapat menciptakan lebih banyak kekacauan politik.

Mengutip Reuters, Sabtu (22/10), kandidat potensial untuk menggantikan Perdana Menteri Liz Truss, yang mengundurkan diri pada Kamis lalu setelah enam minggu berkuasa, memulai lovi akhir pekan ini untuk mengamankan nominasi yang cukup untuk memasuki kontes kepemimpinan sebelum batas waktu hari Senin.

Johnson, yang sedang berlibur di Karibia ketika Truss mengundurkan diri tidak mengatakan apa pun secara terbuka tentang tawaran untuk pekerjaan lamanya. Ia menerima dukungan dari lusinan anggota parlemen Konservatif tetapi perlu mengamankan 100 nominasi untuk dipertimbangkan.  

Baca Juga: Kontes Cepat Perdana Menteri Inggris Dimulai, Boris Johnson & Rishi Sunak Calon Kuat

Menteri perdagangan James Duddridge mengatakan pada hari Jumat bahwa Johnson mengatakan kepadanya bahwa dia "siap untuk itu" dan mantan pemimpin itu akan terbang kembali ke Inggris pada hari Sabtu.

Johnson dicemooh oleh beberapa penumpang di pesawat ke Inggris, menurut seorang jurnalis Sky News dalam penerbangan itu.

Ini akan menjadi kebangkitan politik yang luar biasa bagi mantan jurnalis itu, yang meninggalkan jabatannya dengan diselimuti skandal tetapi menggerutu bahwa rekan-rekannya mengubah aturan di tengah jalan perlombaan.

Mantan menteri pertahanan Penny Mordaunt menjadi kandidat pertama yang secara resmi menyatakan niat untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif berikutnya, tetapi Johnson dan Rishi Sunak, yang pernah menjadi menteri keuangannya, memimpin pesaing potensial menjelang pemungutan suara minggu depan.

Prospek kembalinya Johnson ke pemerintahan adalah masalah polarisasi bagi banyak orang di Partai Konservatif, yang sangat terpecah setelah memecat empat perdana menteri dalam enam tahun.

Untuk beberapa anggota parlemen Konservatif, Johnson adalah pemenang suara, mampu menarik di seluruh negeri tidak hanya dengan selebriti tetapi juga dengan merek optimisme energik.

Bagi orang lain, Johnson adalah sosok yang beracun dan pertanyaannya adalah apakah dia dapat meyakinkan lusinan anggota parlemen yang meninggalkannya bahwa dia sekarang adalah orang yang dapat menyatukan partai dan membalikkan nasibnya yang lesu.

Spiral Kematian

Mantan pemimpin Konservatif William Hague mengatakan pada hari Jumat bahwa kembalinya Johnson mungkin merupakan ide terburuk yang pernah dia dengar selama hampir setengah abad sebagai anggota partai. Dia mengatakan itu akan mengarah pada "spiral kematian" bagi Konservatif.

Jika Johnson dapat mengamankan jumlah nominasi yang diperlukan, dia kemungkinan akan berhadapan langsung dengan Sunak, yang berhenti sebagai menteri keuangannya pada bulan Juli, mengklaim bahwa mantan bosnya tidak dapat mengambil keputusan yang sulit.

Baca Juga: Liz Truss Mundur, Boris Johnson Diperkirakan akan Calonkan Diri Lagi

Sunak adalah calon pemimpin pertama yang mencapai ambang batas 100 nominasi untuk mengikuti kontes sebelum batas waktu Senin, menurut laporan media. Johnson saat ini memiliki sekitar setengah dari dukungan itu.

Johnson saat ini sedang diselidiki oleh Komite Keistimewaan parlemen untuk menentukan apakah dia berbohong kepada House of Commons atas pesta-pelanggaran kuncian. Jika para menteri diketahui telah dengan sengaja menyesatkan parlemen, mereka diharapkan untuk mengundurkan diri.

Kontes untuk menjadi perdana menteri keempat Inggris dalam empat tahun telah dipercepat hanya dalam waktu seminggu. 

Di bawah aturan, hanya tiga kandidat yang akan dapat mencapai pemungutan suara pertama anggota parlemen pada Senin sore, dengan dua kandidat terakhir diberikan kepada anggota partai untuk mendapatkan hasil pada Jumat depan.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×