kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cathay Pacific akan pangkas 5.900 pekerjaan, mengakhiri merek Cathay Dragon


Rabu, 21 Oktober 2020 / 13:02 WIB
Cathay Pacific akan pangkas 5.900 pekerjaan, mengakhiri merek Cathay Dragon
ILUSTRASI. Pesawat Cathay Pacific


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Cathay Pacific Airways Ltd Hong Kong mengatakan, akan memangkas 5.900 pekerjaan dan mengakhiri merek regional Cathay Dragon, Rabu (21/10). Bergabung dengan maskapai penerbangan lainnya dalam memangkas biaya karena bergulat dengan penurunan penumpang akibat pandemi virus corona.

Cathay Pacific Maskapai ini juga akan mengupayakan perubahan ketentuan dalam kontraknya dengan awak kabin dan pilot sebagai bagian dari restrukturisasi yang akan menelan biaya HK $ 2,2 miliar (YS$ 283,9 juta).

Secara keseluruhan, restrukturisasi ini akan memangkas 8.500 posisi atau 24% dari jumlah karyawan normalnya, tetapi itu termasuk 2.600 peran yang saat ini tidak terisi karena inisiatif pengurangan biaya.

Baca Juga: Hong Kong dan Singapura mengumumkan rencana kebijakan travel bubble

"Pandemi global terus berdampak buruk pada penerbangan dan kebenaran yang sulit adalah kita harus secara fundamental merestrukturisasi grup untuk bertahan hidup," kata Kepala Eksekutif Cathay Augustus Tang dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, Singapore Airlines Ltd dan Qantas Airways Ltd Australia telah mengumumkan pemotongan gaji besar yang serupa, karena Asosiasi Transportasi Udara Internasional memperkirakan lalu lintas penumpang tidak akan pulih hingga 2024.

Cathay, yang telah menyimpan sekitar 40% armadanya di luar Hong Kong, mengatakan pada hari Senin pihaknya berencana untuk mengoperasikan kurang dari 50% dari kapasitas sebelum pandemi pada tahun 2021.

Setelah menerima paket penyelamatan senilai US$ 5 miliar yang dipimpin oleh pemerintah Hong Kong pada bulan Juni, telah dilakukan tinjauan strategis yang diperkirakan para analis akan mengakibatkan hilangnya pekerjaan yang besar.

Maskapai tersebut mengatakan mengeluarkan uang tunai sebesar HK $ 1,5 miliar hingga HK $ 2 miliar per bulan dan restrukturisasi tersebut akan membendung arus keluar sebesar HK $ 500 juta sebulan pada tahun 2021, dengan pemotongan gaji eksekutif terus berlanjut sepanjang tahun depan.

Baca Juga: Pemerintah Hong Kong akan pimpin paket penyelamatan US$ 5 miliar untuk Cathay Pacific

Analis BOCOM International Luya You mengatakan, dia mengharapkan wawasan yang lebih strategis dari maskapai penerbangan tentang rencana armada dan jaringan rute sebagai bagian dari restrukturisasi.

"Seandainya mereka mengungkapkan lebih banyak tentang perencanaan armada untuk 2021-22, kami akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pandangan mereka," katanya.

Keputusan untuk mengakhiri merek regional Cathay Dragon sejalan dengan langkah sebelum pandemi, untuk melipat merek regional Silkair menjadi merek utamanya.




TERBARU

[X]
×